nhk

Jelang FP4/Q1/Q2 MotoGP Qatar 2017: Rossi Yakin Fight Posisi Kedua, Asal….

rossi, FP2-FP3, Qatar

ManiakMotor – Valentino Rossi selamat tidak terlempar dari Q2. Setelah menjalani tiga latihan resmi (FP) di sirkuit Losail, Qatar, secara keseluruhan dirinya menempati urutan ke-10. Meski pada FP3, Sabtu dini hari (25/3) ia berada di urutan ke-13 dengan waktu 1:55.790, masih lebih cepat 0.001 detik dengan hasil FP1 di urutan ke-9.

The Doctor mengeluhkan perasaannya dengan ban depan masih terbatas alias belum maksimal. Kondisi seperti ini sempat dialami pada tes terakhir di sirkuit yang sama. Bahkan di akhir sesi FP3 ketika Rossi ancang-ancang akan kencang, tiba-tiba balik lagi ke paddock.

Di sana dia melaporkan pada tim keluhannya. Pada akhirnya dia nggak bisa cetak time terbaik di FP3 tersebut, lantaran sudah kehilangan waktu. Lha wong tinggal tersisa 6 menit. Ketika keluar lagi, dia hanya bisa satu lap dan finish. “Kami masih cukup jauh dan belum kuat betul. Sayang di akhir sesi FP3 nggak bisa coba maksimal perubahannya,” aku Vale yang mengandalkan kompon lunak.

Kurang nyaman ini dirasakan setiap masuk tikungan. Katanya, gerakan depan sangat berlebihan. Kontrolnya sulit dan banyak koreksi. Meski diakuinya sampai FP3 ada kemajuan. Itu berkat kerja sigap para kru setelah memahami keluhan VR. “Saya tidak begitu buruk di FP3, juga di semua sesi, kecuali T3 yang terlalu banyak menderita,” sebut pembalap 38 tahun itu.

Beda sore sebelumnya (FP2) tidak bisa maksimal dengan kurangnya grip, lantaran lembab, sebab paginya Losail disiram hujan. Tapi justru time FP2 itu yang menoling Rossi betahan di 10 besar kombinasi FP. Maka Rossi yakin, saat balapan ia boleh menantang fight untuk posisi kedua. Asal, antara FP4 sampai kualifikasi didapat setelan dan keputusan pemakaian ban yang tepat. “Pokoknya, kita harus menemukan sesuatu, itu sudah pasti,” tutupnya.

Seperti biasa, saat lomba Rossi selalu tampil beda dengan latihan. Rezki

BACA JUGA

Hasil MotoGP Qatar 23 – 26 Maret 2017

 

 

BAGIKAN