nhk

Jelang FP4/Q2 MotoGP Qatar 2017: Marquez Gagal Setel Motor Keluar Tikungan

93 Marc Qatar 2017-a

ManiakMotor – FP2 dan FP3 masih sesi latihan. Sah-sah saja Marc Marquez masih terus ubah-ubah setelan motornya untuk dilacak yang terbaik. Walau kebanyakan ubah-ubah juga riskan. Mungkin di saat sama dia sudah punya tabungan setingan. Ya itu dari FP1 yang dia sanggup mencetak 1’54.912 yang membuatnya hanya di belakang Maverick Vinales.

Sayang ubah setingan itu belum membawa hasil. Di FP2 hanya ke-9 dan FP3 hanya ke-7. Posisi yang tidak seharusnya ditempati Marquez kalau dia nggak sibuk bikin formula baru pada motornya. “Ada set-up terbaru untuk menambah grip. Juga berkaitan dengan memperbaiki luncuran motor keluar tikungan. Sayang, perubahan itu tidak berbuah,” sebut Marquez yang sudah diprediksi akan memilih set-up dasar.

Kalau untuk menambah grip analisanya pada suspensi belakang. Tidak dijelaskan apakah Ohlins diperintahkan untuk mengganti kekentalan oli mengubah rebound monosok RCV213V Marquez yang big bang. Nggak ada cerita itu. Namun, namanya grip, salah satu rekayasanya dari situ. Kalau itu ketemu, otomatis sudut keluarnya yang dibilang Marquez lebih mudah diatur lagi. Sekali lagi, itu hanya analisa portal ini.

Bisa pula akibat aspal Losail berbeda dengan hari pertama lantaran hari kedua pada paginya disiram hujan. Gripnya berkurang akibat terhapusnya kikisan kompon ban peserta pada racing line. Makanya set-up yang dicari tak ketemu. “Lintasan pada hari kedua memang berbeda untuk mengembangkan kecepatan lap,” tambah Marquez yang hari ini terutama FP4 masih melanjutkan pelacakan mereka.

Dari kombinasi semua FP, Marquez berada di posisi ketiga. Catatannya yang FP1 dengan 1’54.912 dilewati Andrea Iannone. Ketiga pembalap itu yang berhasil berlari di bawah 1:55. “Intinya dari hasil hari kedua, pekerjaan masih menunggu terutama untuk penyetelan berjuang ke podium,” pungkas Marquez.

Kalau pungkas, berarti sudah tuntas. Miolo

BACA JUGA

Hasil MotoGP Qatar 23 – 26 Maret 2017

BAGIKAN