nhk

Jelang FP4/Q2 MotoGP Qatar 2017: Setengah Pil Pahit Lorenzo Nggak Langsung Ke Q2

99 Lorenzo Qatar 2017

ManiakMotor – Jorge Lorenzo telah telan setengah pil pahit dengan debutnya bersama Ducati. Dia nggak masuk dari 10 pembalap yang lolos langsung ke kualifikasi utama atau Q2. Dia harus berjuang dulu di Q1 pada sesi qualifying practice pada hari ini 25 Maret 2017 di sirkuit Losail, Qatar.

Kalau lolos, ya syukur, nggak lolos baru telan pil pahit 3/4. Sisanya baca saja terus. “Hari ini coba konfigurasi setelan motor dan cara bawa. Itu untuk ancang-ancang dengan pemasangan ban balap. Sayang di beberapa bagian sirkuit kesulitan menambah dorongan motor. Jadinya konfigurasi ini tidak cukup untuk melakukan lap cepat,” alasan Lorenzo soal dirinya harus ke Q1.

Yang kelihatan di data, memang Lorenzo belum maksimal melajukan Ducatinya. Data FP1 misalnya, walau keenam 1’55.607 tapi tertinggal 1.3 detik dari yang tercepat. FP2 yang seharusnya rata antar pembalap, Lorenzo dapat 1’55.604 yang membuatnya ke-8. Di FP3 ada perbaikan dengan 1’55.461.

FP3 itu adalah catatan terbaik Lorenzo dibanding FP1 dan FP2. Walau begitu dia hanya ke-9. Itu pun nggak menolongnya langsung ke-Q2. Sebab ada beberapa pembalap yang lebih cepat lagi masuk akumulasi 10 besar dari tiga FP. “FP4 dan Q1 tinggal mencari kompromi terbaik agar ada langkah maju. Begitulah, sd satu sisi senang, tapi nggak puas,” tambah Lorenzo yang kelihatannya nggak kepahitan, ya mungkin baru menelan setengahnya.

Kembali ke pil pahit yang baru setengah ditelan Lorenzo karena terjerumus ke Q1 dengan level dia yang pakai motor pabrikan. Kalau lolos ke Q2 dan apalagi podium, itu artinya belum jadi telan pil seluruhnya. Kalau gagal ke Q2, ya sudah ¾ yang ditelan. Sisanya tinggal lihat hasil sampai akhir seri. Kalau gagal, berarti memang pembalap berspesifikasi khusus yang boleh membawa Ducati juara macam Casey Stoner. Miolo

BACA JUGA

Hasil MotoGP Qatar 23 – 26 Maret 2017

BAGIKAN