nhk

Jelang GP Valencia 2017: Ada Kaitan M1 Payah Di Hujan Dan Panas, Rossi Masalah Setumpuk

46 Rossi sepang 2017a

 

ManiakMotor – Dari 8 kali ronde usai paruh musim 2017 tak sekalipun pembalap Yamaha bisa podium kedua. Kedua saja nggak bisa – eh di Australia sekali -, apalagi juara!  Dari delapan kali penampilan itu, semuanya punya alasan lintasan panas berlebihan dan hujan. Pada dua kondisi ini, M1 dianggap tak berkutik.

Dua masalah ini sebenarnya berkaitan dan mulai terdeteksi di GP Jerez yang secara tradisional M1 kuat di situ. Jerez saat itu panas berlebihan, ban M1 malah jadi licin akibat kompon overheat. “Licin panas ini macam berkendara saat gerimis. Saat basah, licin juga. Itulah penyakit kami,” sebut Maverick Vinales yang terpaksa gigit jari. “Intinya kalau saya nggak patah kaki juga berat bersaing di juara dunia dengan banyaknya masalah pada motor,” dukung Valentino Rossi.

Dari 8 ronde paruh musim sampai GP Sepang disebut tadi, ada empat kali hujan dan dua kali panas berlebihan. Dua sirkuit lainnya memang di atas kertas milik lawan. Yakni di Austria yang putaran tinggi mulu dan Sachsenring yang berlawanan jarum jam yang setiap tikungannya berdekatan.

Tapi kalau kalah di Muggelo, Brno, dan Australia,  nah itu bencana buat Yamaha. Apalagi kalah di Sepang dengan 6 kali kemenangan Rossi di situ menjadi cap M1 hebat di negara tetangga tersebut. Coba apa yang terjadi kemarin saat hujan, Rossi ke-7 dan Vinales ke-9. Memang sih di Sepang nafsu kedua joki ini telah menurun drastis akibat sudah masuk kotak dari pengejaran juara dunia.

Kalau disuruh analisa tentu saja pada karakter rangka dan M1 yang kurang padu. Kalau suspensi kan di order ke Ohlins yang setiap sirkuit bebas disetel. Mesin yang jadi bagian rancang bangun dengan rangka geometri andalan Yamaha tersebut malah difokuskan pada grip berlebihan pada suhu sejuk. Agak rigid alias kaku dibanding versi 2016.

Memang saat sejuk dan aspalnya punya grip bagus, M1 kian jago. Memang setelan pakemnya begitu, seperti yang diperlihatkan Vinales awal serial. Pokoknya dari 17 penampilan lalu, ada lima sirkuit dilanda panas yang semestinya sirkuit tersebut milik Yamaha, namun gagal dikuasai. Lima sirkuit lainnya hujan, hanya satu sakses di Belanda dengan kemenangan Rossi dan Vinales  nggak finish di situ. Miolo

BAGIKAN