nhk

Jelang H3 Tes MotoGP Sepang 2018: Vinales Aspal Licin Dan Panas Teratasi, Winglet Besar

ManiakMiotor – Maverick Viñales saat meraih tercepat di hari kedua di sirkuit Sepang, Malaysia pada Senin (29/1-2018) sedang menggunakan winglet baru dan besar. Dia pun boleh mencatat 1:59.355. Itulah waktu tercepat dalam dua hari tes pramusim di Sepang. Hebatnya yang kedua rekan setimnya, Valentino Rossi.

Bagi Vinales winglet yang ia gunakan pada hari kedua membantu dalam akselerasi. Down force atau tekanan pada wilayah depan pada lintasan lebih kuat, sehingga tak perlu repot atasi wheelie alias roda depan terangkat saat cabut-cabutnya kuat, “Sayap ini hanya akan berguna di beberapa sirkuit. Salah satunya di Sepang ini. Tergantung tekanan angin,” sebut Vinales yang lebih bersemangat bicara soal pegangan ban dan daya tahannya.

Maklum, klaim Vinales, M1 2017 sangat lemah pada kondisi aspal saat pegangannya rendah. Dan kondisi demikian terjadi saat cuaca panas sekali atau sebaliknya saat sirkuit basah dan lembab. Pada situasi begitu, Vinales minta ampun DJ, eh salah.

Kebetulan dua kondisi ini ada pada sirkuit Sepang di hari kedua. Usai hujan sangat licin, Vinales tadi pagi bisa tercepat. Saat sirkuit sedang panas-panasnya dia mengaku masih ada pegangan ban. “Hari ini lintasan lebih licin, berguna untuk langkah pengujian area yang diinginkan. Harusnya kondisi motor seperti ini terus dan yakin juga akan konsisten di banyak lap,” puji Vinales pada M1-nya 2018.

Besok atau hari terakhir testing Vinales akan coba membuat 20 lap tanpa putus. Saat itu dia akan mendeteksi gradasi ban yang juga persoalan pada M1 sebelumnya. Tapi dari hitungan setiap keluar pit soal itu sudah ada simulasinya. Maksudnya, hari terakhir tinggal memastikan dengan banyak lap soal keausannya. MM

BACA JUGA

Hasil Test MotoGP Sepang, Malaysia 28 – 30 Januari 2018