nhk

Jelang IndoPrix Kenjeran 2013, Apa Kabar Yamaha Yonk Jaya?

 

 

 

ManiakMotor – Yamaha Yonk Jaya FDR TDR NHK, pasti sudah pada tahu. Tim yang tanpa absen di balap motor Indonesia di satu dekade ini. Tim yang tahun lalu hanya gara-gara Sigit PD cidera dari YCR Tasik, habis itu permainannya berantakan. Tahun ini Sigit PD salah satu dari tiga pembalap yang  ‘dipinjam’ memacu Yamaha Jupiter Z1 injeksi. Berarti kapabilatasnya memacu bebek balap masih dipercaya.

Tetapi di seri pertama IP 2013 di Sentul Kecil baru lalu, yang dikit bersinar cuma Sigit PD yang membawa Jupiter Z1 injeksi. Sedang Florianus Roy nyaris tidak terdengar. “Jujur saja tim kami kaget dengan Pertamax Plus, terutama yang karbu. Sedang yang Jupiter Z1, itu urusan Jepang,” jelas Koh Yonk, bosnya Yonk Jaya yang barusan datang dari Bandung ke Kenjeran untuk mengikuti seri 2 IP 2013, 13 – 14 April 2013.

Berarti Yonk Jaya sampai seri ke-2 ini masih berkutat menyesuaikan dengan oktan 95. Di seri 1 katanya, piston Jupiter Z milik Roy hasilnya selalu hitam. Sampai usai lomba tidak ketemu pembakaran idealnya. Ya, kalau ketmu hasilnya beda kan, gitu saja kok diceritakan. Di Kenjeran, tim ini masih berkutat soal bahan bakar. Sama juga, harus bikin data baru seperti di Sentul Kecil.

Maklum, Yonk Jaya tiga tahun ini absen dari ARRC. Padahal di ARRC penggunaan bahan bakar oktan 95 sudah hal biasa. “Artinya kompresi, rasio dan sebagainya berhubungan dengan oktan, tidak bekerja semestinya. Makanya sedang dimaksimalkan,” tambah Koh Yonk yang diiyakan Heru Kete, mekanik Yonk Jaya.

Bilang ke mekaniknya suruh turunin kompresi, waktu pengapian tetap sama dengan yang pakai avgas. Abis itu jangan memaksakan rasio yang panjang-panjang, agar tenaga awal lincah dan  jalan. Rasionya jangan terlalu rapat terutama dari gigi-1 ke-2 dan dari 2 ke-3, agar rpm-nya drop dikit untuk dapat reaksi setiap pindah gigi, ketimbang avgas. Ah, ngajarin ikan berenang, lu. Adit

BERITA TERKAIT:

Klasemen IndoPrix 2013

Jelang IndoPrix Kenjeran 2013, Harlan Pakai Motor Baru, Time Sudah 39.5 Detik Di Kenjeran

Jelang IndoPrix Kenjeran 2013, Kejutan Lanjutan Honda Widodo, Tidak Asing Dengan Kenjeran

Jelang IndoPrix Kenjeran 2013, Harlan Akan Bermain ‘Aneh’

Jelang IndoPrix Kenjeran 2013, Kete Jupiter Z Dan Rey Jupiter Z1

Jelang IndoPrix Kenjeran 2013; Jupiter Z1 Sudarmono Tinggal Atur Rasio


BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353