nhk

Jelang IndoPrix Kenjeran 2013; Yamaha Dan Honda, Hidup-Mati Adalah Injeksi

 

ManiakMotor – Saling klaim soal injeksi di pasar umum juga berlanjut ke sirkuit. Apalagi sampai saat ini IP merupakan risetnya pabrikan, entalah ke depan.  Yamaha, Honda, Suzuki dan Kawasaki bergelut di sini. Yang paling kentara adalah persaingan Yamaha dan Honda dalam hal injeksi balap.  Nuansa ‘pan’ ini yang panas-panasi ini boleh disimak seri 2 di sirkuit Kenjaran, Surabaya, Jawa Timur, 13 – 14 April 2013.

Honda lebih dulu membawa teknologi injeksi di balap bebek, baru disusul kemudian Yamaha yang tak mau tanggung meriset injeksinya.  Honda injeksi di IP125 telah membuktikan di seri-4 Kenjeran tahun lalu bisa melawan Yamaha versi karbu lewat Denny Triyugo. Tapi sekarang, yang dilawan Honda karbu dan injeksi.

“Data settingan di Kenjeran itu masih bisa dipakai. Tetapi lebih khusus evaluasi di seri pertama di Sentul Kecil. Injeksi kami murni program mekanik Indonesia di AHM, masih  kurang di Sentul,. Paling utama lagi, di pasar umum injeksi sudah mendominasi. Di balap juga harus” buka Anggono Iriawan, selaku Manager Sport AHM (Astra Honda Motor). “Injeksi untuk IP 110 masih dipersiapkan, seri kedua ini belum di pakai. Fokus pada IP 125 dulu,” ujar Anggono sembari bilang teknologi injeksinya masih terpusat di Astra Racing Team.

Agak berbeda yang dilakukan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) lewat divisi racingnya. YIMM sekaligus menurunkan enam Jupiter Z1 Injeksi, tiga di IP125 dan tiga lainnya di IP110. Ada tiga tim binaan YIMM yang berhak dapat motornya. Kendati sampai seri ke-2 masih saja dipegang Jepang dan mekanik Indonesia cuma boleh ganti oli dan ban, termasuk membersihkan bodi, hehehe.

Supriyanto, manajer motor sport YIMM, yakin program injeksinya akan mudah diserap  para mekanik Indonesia. Karena ada tiga tim yang dapat masing-masing satu unit IP125 dan satu unit IP110.  “Secara keseluruhan Jupiter Z1 baru teruji di Sentul Kecil saat seri satu lalu, di Kenjeran belum saat balapan. Maka data settingan terus dicoba dan di kombinasikan dari hasil Sentul. Injeksi jadi prioritas, sama juga di pasaran umum sudah era injeksi,” kata Supriyanto yang  2013 ini fokus mencari settingan Jupiter Z1 di semua sirkuit yang dipakai IP.

Segera saja mekanik Indonesia diajari injeksi. Adit

BERITA TERKAIT:

Klasemen IndoPrix 2013

Jelang IndoPrix Kenjeran 2013, Apa Kabar Yamaha Yonk Jaya?

Jelang IndoPrix Kenjeran 2013, Harlan Pakai Motor Baru, Time Sudah 39.5 Detik Di Kenjeran

Jelang IndoPrix Kenjeran 2013; Suzuki Sudah Duluan Setting

IndoPrix Kenjeran 2013; Kawasaki Edge Coba Curi Podium

IndoPrix 2013 Jelang Kenjeran; ART Tetap Injeksi Hasil Karya Anak Negeri


 

BAGIKAN