nhk

Jelang IndoPrix Sentul 2013; Injeksi Vs Injeksi, Karbu Pemenangnya

 


ManiakMotor – Jalannya perkembangan teknologi balap motor Indonesia, yuk  diintip di IndoPrix (IP) tahun ini atau 2013. Balapan tercanggih bebek ini berlomba dengan lap top. Itu bukan lap top-nya Tukul yang isinya kocok perut semua. Lap top yang ini diinstal software yang mampu memprogram sensor-sensor ECU (electronic control unit) untuk menyuruh mesin bebek menggasing, sing, sing.  Khusunya lagi Honda vs Yamaha. Tapi, diharapkan kedua belah pihak tetap kontrol emosi pak, jangan sampai lap top yang berterbangan ke lintasan. Hehehe…

Singkatnya akan ada perang mapping terhadap Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) danHonda Programmed Fuel Injection (PGM-Fi). Istilah injeksi ini bukan hanya manis diucap dijualan untuk pasar umum. Kini atau Sabtu-Minggu, 16 – 17 Maret 2013 akan membuktikan injeksi siapa yang lebih injeksi. Iya, yang mampu menyuntik teknologi balap motor di Sentul Kecil, Jawa Barat.  “Kan saya sudah bilang, risset injeksi Honda sudah siap. Yang tidak siap itu hanya merapikan kabel-kabel sensor yang gado-gado,” gertak Benny Djatiutomo, direktur Astra Racing Team, pabrikan balap Honda.

Gertakan Benny ini disambut dengan pamer otot Yamaha Jupiter Z1 yang dipertontokan pada media di Sentul Kecil baru lalu, sirkuit yang juga jadi tempat seri pembuka IP 2013. Sebagai proyek baru selesai dan belum dicoba pada balap sungguhan, kemampuan Jupiter Z1 menjanjikan. Dalam balap sendiri-sendiri time-nya sudah dekat-dekat dengan versi karbu. “Memang masih ada setting lanjutan pada Z1 injeksi racing. Itu berkaitan dengan tiba-tiba menyesuaikan  oktan 95,” jelas Supriyanto, manajer motorsport Yamaha Indonesia.

Penampilan bertanding langsung, injeksi Honda ada buktinya. Itu motor dua seri terakhir IP 2012 bisa melejit di Kenjeran, Jatim dan berlaga memukau di sirkuit Balipat, Kalsel. Kemampuannya setara Jupiter Z karbu yang merajalela di balap bebek Indonesia. Teruji di dua sirkuit yang beda karakter. Kenjeran pendek-pendek dan Balipat panjang-pendek. Ya, begitulah. Tapi Honda baru enak di IP125 yang IP110 masih diutak-atik treus, belum kedengaran.

Sementara, tolok ukur Jupiter Z1 110 dan 125 cc masih sekadar testing yang balap sendiri-sendiri, tadi. Itu berbeda dengan balapan benaran yang ada emosi dari joki, menekan dan ditekan yang taruhannya performa mesin. “Saya rasa kedua merek ini siap dengan teknologi terkini yang namanya injeksi itu,” jelas Bambang Gunardi dari IndoSpeed, penyelenggara IP yang bukan bermaksud memanasi, sebab kedua merek ini sudah panas duluan.   

Kedua teknologi produsen itu memang masih kental campur tangan Jepang. Belum murni hasil karya Indonesia. Milik ART belakangan bisa sehat, karena ditangani langsung insiyur injeksi dari negara matahari terbit.  ART mendatangkan Jepangnya ke Indonesia. Sedang Yamaha sejak awal mengirim Jupiter Z1 ke Nipon. Makanya, beberapa part dibikin rototipe buat bebek itu sendiri.  Selanjutnya, teknologi ini akan dialihkan ke tim-tim yang ada di Indonesia. Ya iyalah, bila tidak, akan banyak montir Jepang di IP, karena Indonesia tak sanggup pegang injeksi. Jangan mau, dong, kamu bisa.

Nah, silakan Yamaha dan Honda adu teknologi injeksi, tiba-tiba juaranya Kawasaki Edge seperti tahun lalu, ssst… Atau juga Suzuki, ini merek tak tanggung-tanggung, se-Jepang-Jepangnya jadi pembalapnya. Hahaha, panas ni ye..!  Dan lanjutkan tertawanya, karena portal ini akan coba terus up-date perkembangan IP seri pertama.

Selamat tertawa… Miolo 

BERITA TERKAIT

Tim Dan Pembalap IndoPrix 2013

Yamaha All New Jupiter Z1 Injeksi IndoPrix 2013, Mengalir Dari R1-R5 Sentul Kecil

IndoPrix Kenjeran, Race-2 IP1, Gebrakan Teknologi Injeksi Honda

IndoPrix 2013; Suzuki Cia Felix Ganti Nama, Terobosan Joki Jepang Dan Pemula

IndoPrix Balipat, Juara Nasional IP1 (125 cc) Kawasaki

 

 

 

 

BAGIKAN