nhk

Jelang IRS Sentul 2013, Kejurnas 250, Lanjutan Kawak Ninja Vs CBR250

 

 

ManiakMotor – Pertempuran Honda CBR250 dan Kawasaki Ninja 250 tak ada matinya. Belum puas ‘berantam’ di pasar umum, kini kembali ‘gebuk-gebukan’ di racing line di  seri pertama IRS pada 30-31 Maret 2013. Sejak di belokan pertama sampai belokan ke-empat (R1 – R4) di Sentul Besar alias Sentul International Circuit, Bogor, Jawa Barat, keduanya sudah berebut jalur.

Karena kedua motor beda karakter tersebut akan imbang pada rangkaian belokan yang manis jambu tersebut. Ya iya, semanis-manisnya jambu tetap gigit bijinya, bro. Tikungan di situ kelihatannya mudah. “Tapi bila salah sedikit masuknya akan berantakan catatan waktunya, apalagi Ninja. Tapi tahun ini akan saya perbaiki settingan Ninja di sini,” janji Ivan Atmaja si penunggang Ninja.

Kejurnas 250 cc tahun lalu di IRS direbut oleh Denny Triyugo Laksono dari tim Astra Motor Racing Team. Dari nama timnya dia sudah jelas menunggang Honda CBR 250R. Sementara  Kawasaki Ninja 250R hanya mampu ke-3 di klasemen akhir lewat Ivan dari Ilegal Blaze B’Pro Racing.

Ninja dan CBR  mempunyai kelebihan dan kekurangan dalam menempuh lap di Sentul Besar. Apalagi setelah aturan bobot direvisi di seri 2 tahun lalu. “Ninja punya keunggulan top speed. Sedang CBR punya akselerasi khas silinder tunggal. Tinggal pembalap yang memanfaatkan kelebihan dan berusaha menutupi kelemahan motornya,” kata M. Dwi Satria dari tim Wahana Dunia Motor yang mulai ikut IRS di kelas ini pada seri 3 tahun lalu dan langsung mengacak-ngacak peta persaingan papan atas kejurnas 250 cc.

Tahun ini Satria otomatis ikut sejak awal.  Satria membukukan waktu tercepat di Sirkuit Sentul 1:48,502 detik. Maklum, Satria adalah produk Sentul lewat jalur balap yang lebih banyak pakai sport ketimbang bebek. “Saya harus bisa menang mulai dari R-1 sampai R-4. Hanya di situ peluang memperlebar jarak dengan Ninja,” kata Satria yang Senin, 25 Maret lalu sudah mulai tes di Sentul dengan catatan 1:49 sekian pakai stopwatch. 

Geng ijo alias pembalap Ninja akan fokus pada settingan kaki-kaki agar bisa mengimbangi kelincahan CBR di tikungan berbalas Sentul. “Pokoknya fokusnya ke situ,” tutup Ivan.  Adit

BERITA TERKAIT:

Jelang IRS Sentul 2013; Kejurnas Sport Di Sini, Selain OMR CB150R StreetFire

Jelang IRS Sentul 2013, OMR CB150R StreetFire, Saat Test Top Speed 145 Km/jam

Pembalap Indonesia Ke-2 Di Supersports 600 Qatar, Siap-Siap IRS

Jelang IRS Sentul 2013; Malaysia Berpaling Ke Indonesia

 

BAGIKAN