nhk

Jelang IRS Sentul 2013; Kejurnas Sport Di Sini, Selain OMR CB150R StreetFire

 

ManiakMotor –  Balapan menuju dunia itu harus dimulai dari motor full frame atau sport. Dengan motor sport yang punya tulang belakang ‘ngacang’ (back bone), paling tidak riding style sejak awal telah terbentuk. Membalap dengan rangka sport tata cara pegang setang, jepit tangki, telapak kaki pada foot step sampai badan menyatu dengan tangki adalah dasarnya. Niscaya balapan di ujung dunia mana pun, gaya ini akan terbawa. Sebab di dunia lain juga balapannya pakai sport. Yang pasti tidak sebut di alam lain.

Karena itu, tiga pabrikan yang doyan balap di Indonesia menunjuk IndoSpeed Race Series (IRS) adalah tempat balapan macam itu. Alasannya, IRS adanya hanya di Sentul. Balapan motor sport juga hanya bisa di Sentul Besar atau Sentul International Circuit, Bogor, Jawa Barat. Nah, minggu ini atau 30 – 31 Maret 2013, IRS akan memulai seri pertamanya, ya di Sentul Besar tersebut.

“Tahun ini untuk balap sports Yamaha lebih fokus pada IRS, terutama dalam pembibitan supersports 600 cc. Di kelas ini murni merekrut pembalap muda usia agar kenal sejak dini motor full frame di sirkuit besar,” kata Suprianto, manajer motorsports Yamaha Indonesia, saat menjawab program Yamaha 2013.

Kejurnas supersport 600 cc tahun ini lebih lengkap dengan datangnya Honda. Tahun lalu kan hanya Yamaha dan Kawasaki. Ketiga pabrikan itu, ora mau pembalapnya hanya muter-muter dengan bebek. Mereka ingin punya pejejangan balapan sport yang punya gaya asli ngebut.

“Itu tujuannya. Sebenarnya kami  sudah lebih awal dengan kejurnas 250 cc di IRS. Tahun ini akan ada tim 600 cc dan one make race CB150R bersama  CBR250. Itu semua untuk pengenalan awal soal sport di sirkuit yang semestinya,” cerita Anggono Iriawan, manajer motorsport PT Astra Honda Motor.

Intinya, IRS telah menggeser perkembangan balap motor di Indonesia tidak melulu bebek. Bahwa ada pilihan lain, jika ingin cita-cita balapnya ke dunia. Kecuali sejak awal otak lu hanya otak tarkam. Maksudnya nggak perlu kenal balapan motor sport yang aslinya balapan. Lengkap kok di Indonesia, dari bebek tarkam sampai bebek supercanggih seperti IndoPrix. Khusus IRS yang dari sport 150 cc sampai 1.000 cc ada di sana. Semakin besar cc-nya semakin butuh skill menjinakkannya, ya itulah balapan sport dan adanya hanya di IRS. Ito

BERITA TERKAIT:

Jelang IRS Sentul 2013, OMR CB150R StreetFire, Saat Test Top Speed 145 Km/jam

Pembalap Indonesia Ke-2 Di Supersports 600 Qatar, Siap-Siap IRS

Jelang IRS Sentul 2013; Malaysia Berpaling Ke Indonesia

Honda Racing Championhip (HRC) 2013; Speksifikasi OMR Honda CB150R StreetFire, Limiter Dibuka



BAGIKAN