nhk

Jelang IRS Sentul 2017: CBR250RR Ultra Speed, Hati-Hati Si Kupret Di Situ

CBR250RR balap

ManiakMotor – Tahun lalu di kelas-kelas OMR Honda di IRS Sentul, Ultra Speed Racing sangat kuat. Tahun ini coba membangun motor untuk kejurnas sport 150 dan 250 di event yang khusus melombakan full frame alias sport itu. Kalau yang 150 mereka sudah banyak pengalaman. Tapi yang 250 dengan Honda CBR250RR, nah ini proyek baru yang menantang.

Sangat menantang malah. Kan CBR250RR pendatang baru yang untuk membangun jadi motor balap benaran, belum ada referensi apa-apa. Ya referensi mesin, sasis, suspensi dan suku cadang. Termasuk tersedianya suku cadang yang bisa diakal-akali khas balap motor jalanan diubah racing, itu juga taruhannya bro.

Bahkan ECU yang cerita elektroniknya, walau kelebihan USR yang bermarkas di Daan Mogot itu ngetop dengan aRacer dan bahkan distributornya. Mereka juga memiliki SDM ahli elektronik. “Kami memainkan ECU yang diakal-akali. ECU aRacer sendiri masih devlop untuk CBR250RR yang diperkirakan baru Mei 2017 akan muncul,” kata Freddy Gautama, pentolan USR yang telah berkali-kali menjajal CBR250RR di Sentul Besar.

Soal mesin bisa saja akal Hartanto alias Kupret bisa mengatasinya. Maklum dia mekanik yang banyak akal di jajaran Honda Indonesia saat ini. Aturan kejurnas 250 cc lumayan banyak ada peran mekanik di situ. Coba lihat video mesin CBR250RR yang lagi dibangun di sini.

“Kalau mesin sih sudah lumayan. Knalpot Proliner juga menyumbang performanya. Tinggal pembalap yang lagi dipoles terus. Maklum pembalap kami walau senior, jarang pakai sport, kelamaan di bebek,” pungkas Freddy dari markasnya.

Lihat saja nanti pada lomba seri pertama IRS 2017 pada 19 Maret. Jangan lupa adanya hanya di Sentul International Circuit. MM

BAGIKAN