nhk

Kejurnas IRC Motocross Jogja, Sirkuit Berpasir

MamiakMotor – Kampas rem special engine (SE) sehari harus ganti bermain  motocross, adanya di sirkuit Maguwo, Jogjakarta. Itu sirkuit berpasir gembur. Pasirnya akan ikut mengampelas kampas rem dan hati-hati dengan sokbreker juga. Setiap kali istirahat dari sirkuit, bersihkan komponen itu dari pasir.

 

Tapi maaf, bukan itu yang diceritakan. Ini sirkuit akan dipakai IRC Motocross International Championship seri ke-6. Nama sirkuit sebenarnya Stadion Maguwoharjo, Jogja. Sirkuit butuh teknik tersendiri bagi para crosser. Jangan coba-coba saat melaju grip gas setengah-setegah atau ragu-ragu, motor akan lari ke kiri dan ke kanan. Iya, tidak mungkin ke belakang.

Sabtu – Minggu atau 20 – 21 Oktober 2012, Andre Sondakh, Agi Agasi, Alexander Wiguna, Farhan Hendro, Adi Aprian dan tuan rumah Aldi Lazaroni melawan crosser bule Oztrali dan Slovenia. “Terakhir balap di sini 2008 saat masih SE85. Di sini tidak ada tolenrasi terlambat buka gas,” jujur Agi yang memperkuat Dumasari MX.

Iya lah, kelamaan buka gas siap-siap nancep di pasir. Setelah nancep, digas lagi ya makin dalam nancepnya. Bukan hanya di pasir, di sirkuit mulus bila terlambat buka gas melulu, bisa kalah juga Gi. “Kan teori balap, tutup gas sebentar, buka secepatnya,” sambar Agi yang di seri Ciamis, Jabar penguasa dua moto untuk nasional. Walau begitu, dia masih kalah dua poin dari Andre  dalam klasemen sementara. Andre 200 poin, Agi 198 poin dan Farhan 195 poin. Waduh, ketat ya.  

Juga pertaruhan fisik menghendling keseimbangan motor melawan gemburnya pasir. Maksudnya, menguras keringat. “Di tikungan ikuti rat atau jalur yang sudah jadi. Sampai roda di rat, gas lagi. Di Dimoss Institute (Asutralia) dua sirkuitnya kira-kira seperti di Maguwo,” kata Farhan Hendro (Cargloss AHRS IRC MX) yang bru pulang belajar di Oztrali. Tapi, hati-hati juga Farhan, di tikungan seperti ini bila salah momentum, pelan juga bisa jatuh. Setang kemudi gampang terlipat.

Eit, ngomong-ngomong pasir Andr tuh jagonya, ya minimal pasir putih pantai Kuta Bali dia  biasa. “Jumat jam 10 pagi kita sudah terbang ke Jogja, langsung pantau kondisi trek. Pasir juga kalo disiram akan keras,” bilang Tjok Vicky Sudharsana, manajer Husqvarna MX Team, Bali, tempat Andre  membalap. Juga dua bule yang selalu bawa sapu. Maksudnya menyapu crosser Indonesia, hehehe.

Oke deh, tetap hati-hati dengan Aldi Lazaroni, dia terbiasa latihan di situ saban waktu. Dia tuan rumah, bro. Mentalnya lebih siap karena tahu kondisi sirkuit. ”Di Maguwoharjo saya punya spirit tersendiri, pengalaman tanding di Thailand kemarin semoga jadi tambahan modal,” tutup Aldi yang membela Gandasari MX itu.

Mari berpasir. Ardel  

BERITA TERKAIT:

Crosser Indonesia Jajal Thailand

10 Crosser Patah Tulang Di IRC Motocross

Kejurnas IRC Motocross Ciamis, Moto 2 Nasional, Kembali Agi Agassi

Kejurnas IRC Motocross Tegal, Kabar-Kabari…!

 

BAGIKAN