nhk

Jelang MotoGP 2017: Akal-Akalan Aerodinamis Ducati Lorenzo

Ducati 2017 Lorenzo

ManiakMotor – Pakai sayap memang anugerah seperti diberikan pada burung, boleh terbang. Pesawat tanpa sayap, nggak tahu macam apa dia? Sayap sebaliknya juga bisa mengatur turun. Seperti burung kalau mau turun hanya mengatur kecepatannya dan kepakan sayapnya. Sayap pada burung boleh mengatur keseimbangan lajunya yang boleh disingkat aerodinamis.

Ducati saat sayapnya atau winglet dicopot untuk 2017, macam burung dicabut bulu sayapnya. Mereka kehilangan pengaturan keseimbangan motornya. “Jujur saja, dua kali juara 2016 dan beberapa kali podium, kinerja motor kami ditolong winglet. Sayang alat ini dilarang, tanpa jelas keterangan pelarangannya. Katanya hanya berbahaya,” kata  Paolo Ciabatti si bos Ducati.

Jorge Lorenzo walau belum resmi-resmi amat di Ducati 2017 dan ‘dilarang’ memberi komentar soal Ducati sebelum 31 Desember 2016, eh terpaksa ngomong. Dia langsung memanaskan suasa, seperti gaya bicaranya. Kata dia punya orang, panitia MotoGP yang tergabung dalam safety terpengaruh pabrikan Jepang saat melakukan rapat pendapat mengenai winglet.

“Mereka hanya mendengar sepihak pada keterangan winglet berbahaya. Selama ini dari banyaknya kecelakaan, belum ada yang ditebas sayap tersebut, bahkan nggak ada yang tergores sikit pun oleh winglet. Itu dibanding kecelakaan seperti dialami Luis Shalom,” papar Lorenzo yang langsung coba perbedaan Ducati tanpa sayap dan yang memiliki winglet. Itu dirasakan Lorenzo ketika tes di Valencia. Jauh bedanya.

Di motor, kinerja sayap memang dibalik. Dia bukan lagi untuk terbang, tapi untuk turun (down) atawa menekan motor ke lintasan. Bagi yang ikutan konsep Ducati itu, merasakan langsung motor nggak ada gejala whellie. Keluar dari tikungan langsung tancap tapa perlu repot berpikir roda depan akan terangkat. Sekalian tak perlu koreksi motor, kan nggak ada whillie. Laju motor terarah pada racing line berikutnya.

Belakangan Ducati mengklaim, tanpa winglet pun mereka bisa mengatasi roda depan yang liar. Tapi cara ini dicurigai, Ducati memainkan regulasi soal winglet. Maksudnya winglet tetap akan muncul tapi menjadi satu kesatuan dengan fairing. Ya akal-akalan. Sebab pelarangan winglet yang seperti 2016 yang berdiri sendiri alias dibaut-baut pada fairing. Ito

 

BAGIKAN