nhk

Jelang MotoGP 2017: Biar Lincah, Aleix Espargaro Minta Aprilia Dikuruskan

Aleix Espargaro dengan Aprilia 2017

ManiakMotor – Dibetot Aleix Espargaro, Aprilia RS-GP lebih kencang 0,7 detik dari joki aslinya. Menariknya, Aleix yakin itu motor bisa lebih kencang lagi, bonotnya diturunkan dan bodinya dibuat lebih langsing. Ya, ramping agar hambatan angin berkurang dan jadinya agresif.

Dalam tes Valencia silam, AE mengulik ulang setingan pembalap regular Alvaro Bautista (tahun depan pindah ke tim Aspar) pada sesi kualifikasi GP Valencia. Lebih kencang 0,720 detik membuat para mekanik pabrikan Italia itu terkagum-kagum.

Agar lebih kencang, AE pun minta besutan 2017-nya dikuruskan sekitar 2 atau 3 kg dari bobot maksimal 157 kg yang ditetapkan regulasi MotoGP. Caranya adalah mendisain ulang sasis yang terlampau gemuk. “Buat saya, reduksi bobot ini sangat penting. Sejalan dengan itu, perlu pula dikaji distribusi bobot dengan penempatan mesin yang lebih pas,” ucap AE yang dalam dua musim terdahulu berperan besar mengembangkan Suzuki.

Ia juga inginkan penambahan torsi pada RS-GP. Itu motor sudah kencang di lintasan lurus namun di tikungan terasa banget power-nya amat lambat muncul. Itu yang menurut AE membuat RS-GP kagak lincah di belokan. Mesinnya yang kurang cepat.
Demikianlah PR yang diberikan AE untuk para insinyur Aprilia.

Perubahan itu diharapkan sudah bisa dijajal lagi pada tes resmi pramusim di Sepang pada Januari depan. ”Jika bisa dibangun seperti itu, saya yakin bisa lebih kencang dan lebih lincah dari yang sekarang. Saat ini motor sama sekali tak bergetar meski digaspol sampai limit-nya, itu menjadi poin paling penting yang harus dipertahankan, ” tegasnya.

Jika dicermati, permintaan AE pada dasarnya sama dengan yang ia lakukan dalam pengembangan Suzuki GSX-RR lalu yang begitu lincah dan gesit di tikungan. Dan,bisa jadi sasaran terpenting AE musim depan adalah menekuk tim Suzuki yang sudah ‘membuangnya’ dengan mendatangkan Andrea Iannone dan Alex Rins. Jika betul maka pertempuran di lapis ketiga musim depan juga bakal ramai. Andro

BAGIKAN