nhk

Jelang MotoGP 2017: Iannone Membawa Ilmu Elektronik Ke Suzuki

Andrea Iannone Suzuki 2017

ManiakMotor – Suzuki bersyukur mengontrak Andrea Iannone. Kesan pertamanya sudah terlihat saat test Valencia lalu yang hari pertama ke-7 dan kedua ke-4 sejajar dengan merek papan atas MotoGP. Yang lebih utama lagi, Iannone membawa ilmu elektronik yang dipercaya boleh mengangkat nama Suzuki.

Itu yang dikatakan Davide Brivio si bos tim MotoGP Suzuki. Menurut Brivio, mereka belum membawa motor baru saat test di Valencia dan Jerez. “Sengaja begitu. Motor baru versi 2017 akan dirakit sesuai masukan dari Iannone. Karena dia nantinya yang menggunakan motor tersebut. Terutama disesuaikan dengan dengan pengalaman Iannone bersama Ducati yang lebih maju soal elektronik terpadu. Sebab Ducati yang duluan menggunakan elektronik tersebut,” sebut Brivio.

Soal Iannone langsung menyatu dengan Suzuki GSX-RR di tes Valencia, itu nilai plus. Perubahan sasis, mesin dan perintilannya lebih mudah diterapkan pada motor baru mereka. Masih kata Brivio pada crash, permintaan setelan motor dari Iannone mirip-mirip dengan dua pembalap terdahulu milik Suzuki, yakni Maverick Vinales dan Aleix Espargaro.

Tetapi ada yang berbeda masukan dari mapping elektroniknya. Iannone katanya bisa meminta setelan yang sangat halus, sedang dan kasar lebih detil. “Berdasarkan itu dan ditambah Suzuki kehilangan konsesi (Suzuki pakai regulasi sama dengan Yamaha dan Honda 2017), motor baru dibangun ketika istirahat musim dingin,” jelas Brivio yang cerita aturan soal regulasi sama dengan Yamaha dan Honda sudah ditulis di sini; MotoGP 2017: Era Baru Suzuki, Regulasi Mesinnya Sama Dengan Honda, Yamaha, dan Ducati.

Intinya bagi Brivio, pembalap Italia itu dengan mudah beradaptasi dengan Suzuki pada penampilan perdananya di jok GSX-RR. Brivio juga bilang, Iannone senang dengan beberapa kelebihan Suzuki. Ya iyalah. Tentu Iannone membandingkan dengan Ducati. Pasti lebih lincah Suzuki-nya dong, khas Jepang. Ito

BAGIKAN