nhk

Jelang MotoGP 2017 (Tes Jerez): Basah, Ducati dan Suzuki Bersaing, Test Sepang Belum Tahu

Test pramusim Jerez 2017

ManiakMotor – Hari terakhir tes privat Jerez, Jumat 25 November, berakhir dengan hujan seharian. Yah, lumayan untuk coba setingan basah.

Di trek licin itu Ducati lewat test rider Michelle Pirro tampil tercepat dengan fastest lap 1:51,651. Lebih slow kisaran 10-12 detik dibandingkan speed rata-rata lintasan kering pada dua hari sebelumnya. Sedikit mengejutkan, Suzuki lewat tester Takuya Tsuda nempel di P2 dengan gap 1,9 detik dari Pirro.

Tsuda main sendirian lantaran joki pabrikan Suzuki Andrea Iannone sudah off sejak hari kedua demi penghematan jatah tes privat pembalap pabrikan.

Selain Ducati dan Suzuki, tes Jerez juga diikuti tim pabrikan Aprilia dan pendatang baru KTM. Aleix Espargaro lumayan ngegrip dengan Aprilia dan menyebut prosesadapatasinya terbilang lancar setelah out dari Suzuki.

Beda dengan KTM, pabrikan Austria yang baru main di kelas para raja. Merek papan atas di kelas Moto3 itu masih mencari-cari jati diri di MotoGP. Bisa dimaklumi kalau belum bisa ngelawan karena fokustes KTM memang hanya untuk mengumpulkan data sebanyak mungkin untuk diolah lebih lanjut oleh para mekanik di bawah komando Mike Leitner yang mantan kepala mekanik Dani Pedrosa di Repsol Honda.

“Di sini kami lebih banyak bekerja membenahi area depan untuk masuk dan keluar tikungan. Karakter trek Jerez sangat cocok untuk itu. Performa saat ini tidaklah penting. Terpenting adalah data-data utama untuk pengembangan berikutnya dalam tes resmi Sepang,” ujar Bradley Smith, joki eks Yamaha Tech3 yang jadi tumpuan KTM.
Sementara test Sepang yang hanya diikuti Yamaha di waktu yang sama belum ada info apa-apa. Andro

BAGIKAN