nhk

Jelang MotoGP 2017: Usai Tes Sepang, Ternyata Rossi Sudah Di Sini

Rossi test Sepang untuk M1 2017

ManiakMotor – Benaran, setelah test Sepang, Malaysia 23 – 24 November 2017 nggak ada komentar apa-apa, ternyata Valentino Rossi sudah langsung beraktifitas biasa. Biasa buat Rossi masih ada hubungan dengan kebugaran dan melatih nalurinya sebagai pembalap.

Dia langsung memanggil teman-temannya sehobi dirt track untuk adu ketangkasan di ranch milik Rossi di Tavullia, Italia pada 27 November. Rossi sih nggak banyak bicara juga di situ. Cuma bilang, “Kembali pada kegiatan rutin,” sebut Rossi yang bocorannya di test Sepang lebih tekun mengetes sasis dan lengan ayun, ketimbang mesin yang sudah ‘jadi’.

Rossi di reli Monz 2016
Rossi di reli Monz 2016. Tuh walau pakai mobil, tetap dibikin dua roda

Eh empat hari kemudian, Rossi kembali mengabarkan sudah ikut Monza Rally Show 2016 yang acaranya 1 – 4 Desember 2016. Ya dari nama relinya acaranya di negara si Rossi. Reli dengan mobil ini juga kegiatan rutin si The Doctor saat liburan MotoGP di akhir tahun.

Test Sepang sendiri memang Yamaha memabawa semua pembalapnya. Yakni tim pabrikan dan satelit. Kita tahu sendiri, satu-satunya joki yang bertahan 2017 hanya Rossi, selebihnya ‘baru’ semua. Rekan setim si Vale 2017 adalah Maverick Vinales yang langsung menggebrak di test Valencia.

Sdang pembalap Yamaha satelit dua-duanya wajah baru di MotoGP yang dinaikan dari Moto2. Yakni Johann Zarco yang pemegang dua kali juara Moto2 dan Jonas Folger. Keduanya lumayan di test Valencia. Keduanya untuk jajaran pembalap satelit hanya kalah dari Cal Crutchlow (satelit Honda).

Sayang data mereka di tes Sepang sama sekali tak terdeteksi. Ada sih berita kecil-kecilan tapi tak mampu menggali data akurat di Sepang. Tapi sekadar catatan saja, Yamaha lebih ringan bebannya untuk 2017, mengingat performa motor mereka sepanjang 2016 sebenarnya yang terbaik.

Itu sih pengamatan penulis dari segi akselerasi, manuver dan top speed bisa melawan. Hanya keberuntungan saja gagal juara dunia. Ito