nhk

Jelang MotoGP Amerika 2017: Baru Kali Ini Rossi Cerita Fisiknya, KTP-Nya Salah Cetak

46 Rossi Qatar 2017-d

ManiakMotor – Jarang Valentino Rossi cerita fisiknya. Dia nggak pernah bilang baik, sedang atau kurang seiring usia. Fokus cerita lebih pada tekniknya dan teknis motornya. Saya, kamu dan sodara-sodara sekalian bersama panjenengan, tahu sama tahulah. Fisik di umur seperti Rossi tentu saja boleh diceritakan yang sudah berumur 38 tahun sekarang yang sedang baca tulisan ini.

Kemarin usai balapan di Argentina, Rossi berbisik boleh bermain cantik karena fisik. Fisiknya tersedia berjuang dari Q1 dan lolos ke Q2 sampai balapan 25 lap. “Nyaman di atas M1 dengan kondisi fisik yang prima,” sebut Rossi yang hanya bilang begitu soal fisiknya. Akan tetapi boleh diterjemahkan sangat banyak.

Kasat matanya fisik seperti Rossi ada jaminan setiap saat dengan special engine bermain dirt track atau flat track. Mainan motor ini mempertahankan kebugaran, reflex, dan feeling membawa motor. Ditambah The Doctor professional sejati. Dia memiliki manajemen dari menu makanan sampai jadwal olah fisik. Lha wong, pembalap Indonesia saja punya program seperti itu, apalagi Rossi aktor balap motor dunia. Cerita instruktur fisik sendiri, sudah pasti dia miliki, sampai dokter gizi. Malah punya ruang gym dewek.

Tapi kan umur nggak bisa dibohongi. Penyakit yang nggak ada obatnya bertambahnya usia yang kata dokter diikuti menurunnya fungsi organ. Organ tubuh manusia bekerja 100 persen saat dia bermur 25 tahun loh. Lepas dari situ akan turun perlahan sampai tua yang fungsi-fungsinya sudah di bawah 50 persen. Di saat sama fisik juga drop.

Itulah yang mengherankan para pengamat dan lawan di sirkuit. Macam Jorge Lorenzo yang geleng-geleng pale-nya di umur 38 tahun Rossi bisa di papan atas. Kata Lorenzo, pembalap tertua kedua saat ini di MotoGP berumur 32 tahun, itu dia Alvaro Bautista. “Kenyataannya Valentino di umur 38 tahun bisa bersaing dengan fisik dan cerdik,” kata Lorenzo. “The Doctor tidak setua yang dilihat. Di balapan fisiknya seperti umur 23 tahun. Itu pasti KTP-nya yang salah,” canda Carlo Penat si pengamat MotoGP yang ceplas-ceplos itu.

Hahaha… tertawa pada candaan Penat. Dan kita lihat lagi perjuangan fisik Rossi minggu depan di Amrik. Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

BAGIKAN