nhk

Jelang MotoGP Amerika 2017: Belum Ada Sejarah, Posisi Seperti Marquez Bisa Juara Dunia

93 Marquez 2017

ManiakMotor – Sejak era MotoGP diadakan 2002, tak ada pembalap usai ronde 2 dari klasemen ke-8 bisa juara dunia. Paling dekat bisa juara dunia dari posisi ke-4 di klasemen setelah dua ronde berlangsung hanya bisa dilakukan Jorge Lorenzo 2015. Itu pun Lorenzo merebut juara Dari Valentino Rossi dengan kontroversi yang dikenal dapat bantuan dari Marquez.

Saat itu pun Lorenzo punya tabungan point 26 point. Saat ini, Marquez hanya memiliki 13 point dari hasil ke-4 di ronde pertama. Jadi memang Marquez melawan sejarah untuk bisa juara dunia 2017. “Semoga bisa memperbaiki keadaan di Amerika. Jatuh di Argentina memang kesalahan saya,” sebut Marquez tanpa menyinggu klasemen yang ada hubungannya dengan juara dunia, karena masih dianggap kepagian.

Sejarah ini asli berlangsung di saat kandidat lagi jaya-jayanya. Coba tengok pada 2006 saat Rossi masih anak muda yang skillnya tingkat dewa saat itu. Dia hanya ke-14 di ronde pertama dan juara ronde 2, tapi pada akhirnya kalah dalam perebutan juara dengan Nicky Hayden.

Atau Casey Stoner saat bersama Ducati yang juara di ronde pertama 2008 tapi DNF ronde 2 di akhir klasemen ke-2. Atau Lorenzo 2016 yang mantan juara 2015 usai juara di Qatar tapi DNF di Argentina dan juara tahun lalu Marquez.

Hanya ada 2011 yang juara di ronde pertama dan jatuh alias nol point ronde 2 yang akhirnya juara dunia. Itu dia Stoner yang saat itu bersama Honda. Akan tetapi, Stoner ini pada tahun itu berada di posisi ketiga klasemen setelah ronde kedua. Dia punya tabungan 25 poin dari ronde awal. Jadi beda dengan Marquez yang saat ini ke-8.

Perjuangan Marquez ini kian berat setelah dua seri, point utuh hanya direbut oleh satu pembalap. Yakni, Maverick Vinales yang diperkirakan susah dilawan pada seri-seri selanjutnya. Di belakangnya, ada Rossi rekan setim Vinales yang tiga tahun belakangan selalu runner-up. Kedua tunggangan M1 masing-masing pun kelihatan dan kendengan punya  performa prima.

Tahun ini perebutan juara dunia akan tertumpu pada Vinales, Rossi dan Marquez. Sebab, berharap pada gebrakan Lorenzo dengan Ducati, jauh panggang dari pada api. Marquez saja disanksikan juara dunia, apalagi Lorenzo. Tapi sekali lagi, masih ada 16 seri di depan. Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

BAGIKAN