nhk

Jelang MotoGP Amerika 2017: Cal Crutchlow, Honda Saat Ini Sedang Kesulitan

35 Cal 2017

ManiakMotor – Bayangkan, dari dua ronde berlalu yang kalau dihitung ada 6 podium, baru satu pembalap Honda yang bisa berdiri di sana. Itu dia Cal Cruthlow yang hanya dari tim satelit Honda LCR. Itu pun, Cal baru mendapuk 16 point dan di klasemen posisi ke-6. Kontan Cal bilang, Honda saat ini sedang kesulitan.

Kesulitan itu disaksikan langsung orang Inggris ini di markas HRC di Jepang. Katanya, insiyur Jepang dan beberapa orang Italia sudah sangat bekerja keras menanggulangi mesin big-bang. “Termasuk insinyur dari tim saya, sudah bekerja tak henti-hentinya. Tapi, perbaikan dari merek lain lebih maju lagi,” sebut Cruthlow dengan wawancara crash yang berwacana untuk tampil apik di GP Amerika yang sesi latihan bebas sudah berlangsung 21 April 2017 di sirkuit Austin.

Lebih baik merek lain dicontohkan pada penampilan Johann Zarco dan Jonas Folger, dua rookie yang baru masuk MotoGP. Kata, Cal dua pembalap Tech3 itu kebetulan mendapat paket lebih bagus. Dari segi membalap – maaf Cal sendiri yang bilang – bahwa pembalap Honda lebih baik dalam ukuran setelit sekalipun. “Kenyataannya Johann dan Jonas bisa tampil bagus, karena paket motornya,” sebut Cal yang memang ceplas-ceplos tersebut.

Menurut Cal kesulitan Honda dibanding merek lain, lantaran RC213V big bang, mesin baru dengan konstruksi berbeda dari sebelumnya. Itu memaksa, sasis dan turunannya juga baru. Katanya, bila HRC menerima masukannya, sasis nggak perlu diganti. Pula, situasi seperti awal dua seri 2017 ini tidak akan terjadi. Kemungkinan. Soal ini sudah ditulis di sini oleh portal ini.

Cal akhirnya mengagguk yang dilakukan HRC sekarang. Tahun lalu pun paket RC213V hanya tertolong Marc Marquez bisa juara dunia. Bagi dia Marquez punya gaya sendiri bawaan dari GP125 yang berlanjut ke Moto2 dan digunakan pula di MotoGP. “Marc bisa membuka lebih awal grip gasnya, jalur balapnya beda. Kalau saya masih menunggu waktu pengereman selesai dan menunggu motor tenang masuk area tikungan baru bisa digas. Proses itu butuh waktu di setiap tikungan. Kalau dipaksakan, roda belakang akan spin,” tutup Cal yang sebenarnya banyak ngoceh dalam wawancara tersebut. Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353