nhk

Jelang MotoGP Amerika 2017: Rossi Pede Hadapi Marquez dan Vinales, Belum Putuskan Ban

Rossi, Motogp, Amerika

ManiakMotor – Balapan ronde 3 di COTA, malam ini (23/4) jadi pembuktian buat Valentino Rossi. Dengan umur 38 tahun, ternyata dirinya masih menggigit atau sebaliknya bermain di Austin yang menuntut fisik. Langkah pembuka pun sudah ditunjukkan dengan dirinya start di barisan terdepan.

Rossi sadar betul, di soal kecepatan, Marc Marquez dan Maverick Vinales jauh lebih cepat darinya. Dua inilah rival utamanya di Austin. Terlebih hubungan mereka kurang harmonis akibat dari persaingan di trek. Termasuk sama Vinales yang barusan dimulai saat kualifikasi kemarin yang keduanya nyaris bersenggolan.

Tapi, The Doctor tidak gentar menghadapi dua anak muda berusia 22 tahun dan 24 tahun itu. Kendati M1 yang dibalapin nanti masih rasa setelan  Argentina dan kayanya banyak yang tidak diganti. Ia tinggal melakukan beberapa penyesuaian, tapi setelan dasar sudah dipahami.

Yang bikin Rossi pede di Austin ini lantaran kondisi M1 sangat mendukung. Sekarang, dirinya bisa naik dengan cara lebih baik, sehingga membuatnya tidak perlu meminta perubahan pada konstruksi ban depan. Pantes, ada ‘kecurigaan’ Michelin dekat sama Yamaha.

“Awal yang baik dibandingkan dengan dua balapan pertama, itu bencana. Tapi, di Argentina kami memodifikasi keseimbangan yang sangat banyak, sehingga sekarang perasaan saya jadai lebih baik,” tuturnya.

Hanya, saat balapan, ia belum memutuskan pakai jenis ban apa. Dari pengalaman latihan resmi sampai kualifikasi, dirinya banyak mengandalkan ban lembut alias medium dan ia merasa sedikit lebih stabil. Positifnya, ia dan tim bisa memperbaiki kecepatan dengan tipe ban tersebut. “Tinggal rem aja, masih sulit berhenti. Tapi, di COTA ini masih lebih baik ketimbang di dua balapan sebelumnya,” papar Rossi yang di Austin pakai fairing standart Yamaha lantaran butuh akselerasai saat dapat kecepatan rendah.

Tinggal fisik Rossi jadi pembuktian. Rezki

BACA JUGA

Hasil MotoGP Amerika 21, 22, 23 April 2017 Moto3 Dan Moto2

 

BAGIKAN