nhk

Jelang MotoGP Amerika 2017: Marquez Kaget Bisa Pole, Honda Payah Di Sektor 4

Marquez, jelang Balapan, Motogp, Amerika

ManiakMotor – Marc Marquez tidak mengira dirinya bisa merebut pole position di COTA, minggu dini hari (23/4). Berarti, ini untuk kelima kali berturut-turut start terdepan balapan ronde 3 direbutnya dan kian menegaskan dirinya sebagai “King of Austin”. Ini baru kualifikasi yang belum ada tekanan dari lawan.

Pantas bila MM sedikit kaget lantaran dia sendiri mengaku bisa pole bukan tugas sederhana dan biasa. Bahkan dia bilang, di COTA ini, istilahnya ia sudan mengeluarkan semua kartu asnya. “Saya tidak berpikir akan mengambil pole karena Yamaha sangan kompetitif dengnan ban baru,” tegas MM. Makanya, dalam tulisan sebelum ia yakin podium tapi tak berani sebut podium pertama.

Sukses MM menorehkan best time 2:02,741 detik setelah memakai ban kompon lembut, sedang Maverick, katanya tidak. Pengalaman FP2 dengan ban lunak depan dan belakang yang tercepat langsung diterapkan di kualifikasi.

Dari sisi motor, Honda RC213V, kata MM sudah tidak ada masalah. Hanya, tinggal bagian depan, bagaimana bisa meredam guncangan. Karena, seperti dikeluhkan pembalap 24 tahun, permukaan trek banyak benjolan. Makanya, dengnan cara pakai ban komponen lunak tidak banyak membantu.

“Yamaha begitu hebat meredam guncangan, sedang Honda bergerak banyak,” keluh MM. Terutama di sektor 4, terutama di sebelah kanan tikungan yang melengkung panjang. “Di situ saya belum menemukan jalur yang terbaik, meski kami sudah mendapatkan memperbaiki setelan,” urai juara dunia lima kali itu.

Di balapan nanti malam, MM tetap memperhitungkan pembalap Yamaha, terutama Vinales. Alasannya, dia (Vinales) benar-benar konsisten. Tapi, “Kita perlu melihat bagaimana dia dengan motor saat usia ban menurun. Itu yang belum saya dapati karena belum pernah bersaing keras,” tutup MM. Rezki

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353