nhk

Jelang MotoGP Amerika 2017: Menanti Gebrakan ‘King of Austin’ dan Rekor Vinales

vINALES-mARQUEZ, MOTOGP, aMRIK

ManiakMotor – Maverick Vinales memenangkan dua lomba pertama dan Marc Marquez terguling di Argentina. Itulah perubahan sementara dari tradisi musim balap motogp 2017. Lo, kok kedua nama tersebut? Kenapa Rossi yang naik panggung tidak disebut, Lorenzo yang tertatih-tatih tidak disinggung?

Dari sebelum balapan dimulai kedua nama itu yang ramai dibicarakan. Mereka calon kuat juara dunia dan diprediksi bakal meramaikan persaingan. Meski, setelah melewati dua seri, Vinales melenggang santai menapak podium pertama. Pembalap Yamaha ini juga memecahkan rekor Yamaha atas nama Wayne Rainey menguasai dua seri lomba. “Perjalanan masih panjang ke depan, segala sesuatu bisa terjadi,” bilang Vinales.

Marquez pun bikin ‘rekor’ sampai ronde kedua. Dalam karir motogp, pembalap Honda ini tidak pernah jatuh dalam dua seri pertama. Bahkan di antara Qatar dan Argentina ia acap podium dan pada 2014 pernah memenangkan 10 balap pertama. Trus, pada 2013 dan 2016, ia pertama yang pertama dan ketiga.

Nah, dengan gagal podium di antara kedua seri awal, apakah ini pertanda suram bagi Marquez? Livio Suppo, pimpinan Repsol Honda melihat secara positif masih besar harapan dari MM. Meski dibilang, jika Anda melihat Marc cepat dengan RC213V, itu hanya kecepatan balapan bukan yang diinginkan pembalap.

Marquez sendiri mengaku sampai seri 2 masih ada masalah dengan mesin. Katanya, perlu waktu untuk memecahkan masalah pada mesin yang jadi titik lemah Honda. “Ketika Anda berakselerasi diharuskan recover pengereman. Belum lagi mencari waktu yang pas untuk masuk tikungan,” keluh MM. Ia butuh ban depan kompon keras untuk meredam pengereman.

Harapan Marquez tinggal di Austin, Texas. Di trek ini ia empat tahun berturut-turut dari 2013 sampai tahun lalu, naik podium pertama dan menerijulukan ‘King of Austin’. Jika gagal lagi, berarti mesin Big Bang ada masalah besar. Sementara Vinales ini menamcapkan rekor baru buat Yamaha, menang tiga seri secara berurutan. Rezki

BAGIKAN