nhk

Jelang MotoGP Amerika 2017: Michelin Mulai Dituding Main Mata Dengan Rossi

MotoGP Michelin 2017

ManiakMotor – Namanya juga tudingan, benar tidaknya kan ada pengadil di MotoGP. Dan juga sudah dibantah oleh manajemen racing Michelin sebagai penyedia karet hitam di MotoGP. “Bahwa Michelin tidak membeda-bedakan pembalap. Semua ban sesuai alokasi,” kata Piero Taramasso, manajer Michelin MotoGP yang entah ditujukan pada siapa? Pasti ada yang dijawab.

Apakah ada kaitan dengan pernyataan Mac Marquez usai balapan di Argentina yang sial. Dia kehilangan grip ban depan di sirkuit Termas tersebut. Model jatuhnya Marquez nyaris sama dengan tergelincirnya Dani Pedrosa, teman setimnya.

Namun Marquez lebih menekankan pada pilihan ban, bukan pengaturan kompon. Katanya, Michelin nggak perlu mengeluarkan banyak tipe ban. “Itu bikin pusing peserta untuk memilih yang pas,” kata Marquez yang pembalap Repsol Honda Team tersebut. Apalagi ada rencana Michelin akan mengeluarkan lebih dari tiga tipe ban di GP Amerika minggu ini. Marquez agak keberatan, tetang berita itu coba baca ini.

Bisa saja muncul asumsi seperti itu dengan bervariasinya tipe yang disodorkan Michelin. Seperti Marquez yang sebenarnya tidak menuding, hanya mempertanyakan. Wajar juga asumsi itu, mengingat Rossi yang saat lomba di Argentina dan Qatar bisa keluar dari kemelut dan berbuah manis. Ketika latihan tercecer, di lomba di baris depan.

Juga para penuding yang dijawab Michelin itu boleh mengaitkan masa lalu, soal hubungan Rossi dan Michelin. Di masa lalu, memang kompon bisa ditentukan Rossi ketika memberi data usai latihan bebas. Tapi sekarang kan beda. Semua dapat jenis ban yang sama sesuai jatah. Bannya juga hanya Michelin tok.

Pihak Rossi sendiri tenang-tenang aja tuh. Nggak ada komentar apa pun soal ban. Lagian bukan hanya Rossi yang berjaya di Argentina. Tapi rata-rata para pengguna Yamaha. Buktinya 1-2 di Argentina yang didukung pemain satelit mereka berada di posisi ke-5. Miolo

BAGIKAN