nhk

Jelang MotoGP Amerika 2017: Sialnya Empat Pembalap Pabrikan

pembalap pabrikan Argentina2017

ManiakMotor – Ada empat pabrikan para pembalap intinya sama sekali nggak dapat poin di GP Argentina. Itulah yang dikatakan Marc Marquez di ronde-ronde awal, mental masih tertekan dan kadang bikin gugup.

Benar-benar ‘gugup’ yang terjadi pada Marc Marquez. Jatuhnya pada kontrol roda depan yang kehilangan grip. Dia lupa baru berlari 4 lap yang diiringi fastest lap terus-terusan. Bahkan sudah berlari 1:39.8. “Memang itu kesalahan sendiri. Yang menonton merasa saya memaksakan keadaan dengan meninggalkan rombongan kedua 2 detik lebih. Tetapi aslinya memang motor mampu. Sayang itu tadi, melakukan kesalahan,” sebut Marquez.

Nestapa Honda ditambah pembalap inti lainnya Dani Pedrosa. Model jatuhnya seperti Marquez. Dia kehilangan grip depan. Ternyata oh ternyata… set-up grip depan ini menjadi masalah setingan buat Honda di Argentina. Banyak lintasan yang bergelombang yang susah diredam oleh setelan suspensi. Begitu sih alas an Pedrosa yang berharap keadaan sama tidak ditemui di Austin, Amrik.

Nggak beda jauh yang dialami Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso. Bisa jadi, Lorenzo harus merasakan perjuangan dengan Ducati. Jaranglah dia harus start dari grid menengah ke bawah. Di sana harus berjuang dengan para pejuang berani mati di start. Berbeda saat di Yamaha start dari front row yang minimal di baris kedua lebih ‘mudah’.

Dan sesuai catatan, itu terburuk buat Lorenzo sejak 2009 nggak lolos dari tikungan pertama. Lorenzo sendiri belum kedengaran menyalahkan motornya. Hanya singgung Ducati harus dibantu dengan pengereman belakang agar nggak nabrak-nabrak. “Anggap saja, ronde pertama tahun ini dimulai dari Austin,” kata Lorenzo karena dua laga baru dapat lima point. “Kalau hanya sial,” timpal Dovizioso.

Pabrikan – kecuali Yamaha – memang terkesan gugup. Marquez ingin buru-buru kabur, Pedrosa yang selalu ‘diam’ entah apa bikin dia kesusu, Lorenzo ingin segera ke depan karena dari grid belakang untuk mempertaruhkan namanya dibayar mahal Ducati. Ditambah pula Aprilia lewat Aleix Espargaro yang ingin menunjukan sakses di Qatar dan malah mengajak Dovi jatuh. Juga Suzuki lewat Andrea Iannone yang dikejar setoran sehingga jump start. Miolo

BAGIKAN