nhk

Jelang MotoGP Amerika 2019: “Austin Anticlockwise, Sirkuit Favorit Saya,” kata Marquez. Kenapa..?

ManiakMotor – Karakter sirkuit Austin di Amerika memang teknikal bangat. Selain dihiasi 20 tikungan yang 11 ke kiri dan 9 ke kanan, sirkuit ini berlawan arah jarum jam atau anticlockwise. Pembalap selain taktis menjalani tikungan, juga mengubah penggunaan otak kanannya jadi otak kiri, karena sirkuitnya seperti berbalik arah. Kan kebanyakan sirkuit searah jarum jam.

Bagi Marc Marquez, sirkuit anticlockwise sangat cocok dengan gayanya. Dan terbukti dari 6 penampilan di Austin, dia pemenangnya. Bukan hanya itu, semua sesi juga dia libas.”Sirkuit model begitu memang saya sukai. Anticlockwise tampaknya sangat cocok dengan saya,” sebut Marquez yang tampak sibuk usai GP Argentina langsung jalan ke Brasil untuk promosi.

Istilah kata, buat Marquez dan motornya, di  20 tikungan itu dia mampu mengalir dengan baik. Sementara, lawan-lawannya terendat alirannya. Tentu ditunjang tipikal RC213V yang memang doyan sirkuit seperti Austin. Sirkuit yang panjang, tapi sebentar-sebentar harus berubah arah.

Austin digunakan pada 2013 saat Marquez baru naik ke MotoGP. Pada penampilan perdana bersama Austin itu, Marquez langsung menguasai sirkuitnya. Hampirs semua sesi dia yang tercepat. Kecuali FP3 yang direbut Dani Pedrosa yang juga dari Honda.

Makanya ada istilah, Austin bikinan arsitektur Jerman, Hermann Tilke ini dirancang untuk karakter Honda. Makin jadi Honda-nya dengan tipe mengendara Marquez yang  piawai menggunakan fisiknya meliuk-liuk. Ditambah pula dengan penggunaan otak kiri yang dibutuhkan di sirkuit yang berlawanan arah jarum jam.

Apakah Marquez akan juara ke-7 kali kalau menang 2019 yang acaranya 12 – 14 April 2019? Miolo

BAGIKAN