nhk

Jelang MotoGP Amerika 2019: Marquez Jago Tembak Di Texas…

ManiakMotor – Sudah pasti pernah nonton film koboi. Jalan ceritanya pasti dari Texas, negara bagian Amerika. Ini kota terbesar kedua di mana sirkuit Austin berada. Sirkuit ini akan menjadi tempat ronde ketiga MotoGP 2019 pada 14 April nanti.

Cerita film koboi dengan jago-jago tembak pada cerita film tersebut. Pada akhirnya yang berdiri di akhir film paling jago doorrr… Itulah Marc Marquez. Anggap saja begitu. Selain jago tembak, tentu piawai berkuda, namanya juga koboi. Sekarang kuda besi alias motor, motor MotoGP pula.

Sejak Austin dipakai 2013 sebagai gelanggang, Marquez tidak pernah terkalahkan di situ. Tahun ini, dia tetap unggulan, “Ya sirkuit tersebut (Austin) saya memang  menikmatinya. Cocok buat saya dan motor,” kata Marquez di sela kunjungannya ke  São Paulo, Brasil usai dari GP Argentina. 

Wajarlah, Marquez jadi jago tembak dan penunggang yang mahir di Austin. Itu sirkuit memainkan kelincahan meninggang sekaligus menuntut motor agresif.  Dari panjang 5.5 km, ini sirkuit dihiasi 20 tikungan yang 11 ke kiri dan 9 ke kanan. Punya trek lurus 1.200 meter yang nggak sembarangan adu top speed, tapi juga teknik.

Coba perhatikan rekor top speed di Austin hanya 347.7 km/jam. Lalu bandingkan dengan top speed di Losail yang mencapai 352 km/jm. Padahal trek lurus Losail lebih pendek 120 meter dari Austin. Sebab, tikungan terakhir dan tikungan pertama, keduanya tikungan ‘mati’. Dua tikungan ini sangat lambat, keluar dari tikungan terakhir harus akseletas keras dan di tikungan pertama kudu rem deras.

Dengan karakter Marquez, model begitu empuk buat dirinya. Belum tikungan lainnya yang juga lambat, RC213V dikenal jagonya. Belum lagi, ini sirkuit yang berlawanan arah jarum jam alias mengarah ke kiri dan banyak tikungan kirinya, Marquez dikenal terampil menikung kiri. Jadi wajar Marquez jago tembak di Texas. MM

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353