nhk

Jelang MotoGP Amerika 2019: Rossi Membawa Momentum Podium Dari Argentina

ManiakMotor – Seolah menang dengan podium kedua Valentino Rossi di GP Argentina. Dia menunjukkan emosi yang luar biasa di Termas de Rio Hondo. Rossi  pun akan membawa momentum tersebut GP Amerika di sirkuuit Austin, Texas akhir pekan ini 12 – 14 April 2019.

Sirkuit Austin pengujian yang real buat M1 dan diri Rossi sendiri yang sudah 40 tahun. Sirkuit di daerah koboi itu sangat teknik. Bayangkan, panjang sirkuit 5500 meter, jika dikurangi panjang trek lurus 1200 meter, totalnya 4300 meter yang dibagi 20 tikungan. Artinya setiap 213 meter berhadapan dengan belokan. Hampir semua tikungannya pun tricky. 

Umumnya tikungan-tikungan Austin manis-manis jambu, ya tricky tadi. Semanis-manis jambu, pasti kamu akan gigit bijinya. “Kita tahu, Austin mungkin trek yang paling sulit, menantang secara teknis. Namun, beberapa tahun terakhir, masih okehlah buat saya. Pada 2017 saya naik podium. Harus melakukannya lagi dengan konsentrasi membangun set-up. Lalu, membalap dengan baik. M1 kami sudah  ke arah yang benar,” kata Rossi berstrategi.

Belum lagi, lintasan lurus Austin memang tertulis 1200 meter. Rekor top speed di situ hanya 347 km/jam. Sekali lagi, itu yang rekor. Dibandingkan dengan top speed sirkuit lain yang lebih pendek trek lurusnya misal Losail di Qatar hanya 1068 meter, tapi top speednya bisa mencapai 352 km/jam. Karena, di tikungan pertama Austin bentuknya ‘mati’, pengereman di ujung trek lurus harus kuat, lantaran langsung sangat lambat. Titik pengeremannya juga lebih jauh. Ya teknik yang menuntut fisik.

Intinya, Rossi masih membawa momentum dari Argentina tadi. Sebab dia sudah menunggu lama untuk podium. Apalagi untuk podium pertama yang terakhir dilakukan Rossi pada Juni 2017 di Assen, Belanda. Wah sudah lama juga, ya. Miolo


Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353