nhk

Jelang MotoGP Amerika 2019: Target KTM Mulai Melenceng, Zarco Bicara..!

ManiakMotor – KTM bukan omong besar sejak ikut semua seri MotoGP 2017. Target pabrikan Austria ini, sangat tinggi. Tahun keempat atau kelima mereka bisa bersaing untuk merebut juara dunia. Namun, tahun lalu baru sekali podium di Valencia dengan Pol Espargaro.

Untuk itu, tahun ini atau 2019 sudah tahun ke-3 KTM mengaspal di MotoGP. Itu juga ada terget sendiri, “Kami ingin mengendus podium sebanyaknya untuk tahun ketiga. Kalau perlu bisa masuk top 5 untuk pembalap,” kata CEO KTM, Stefan Pierer.

Untuk mewujudkan ambisi ini, di MotoGO 2019 diboyong Johann Zarco. Zarco dipadukan dengan Pol Espargaro yang keduanya mantan juara Moto2. Untuk mendukung riset, didirikan tim satelit yang berpengalaman, Tech 3. Tim ini diperkuat Miguel Oliveira dan Hafizh Syahrin.

Namun fakta, dari dua seri berlalu 2019, posisi KTM kesulitan masuk 10 besar. Di ronde pertama Qatar, tempat terbaik KTM ke-12 lewat Pol. Di Argentina agak mendingan di posisi ke-10 juga lewat Pol. Tapi jauh dari harapan KTM seperti target Pierer.

Pierer belakangan mulai memperlunak ambisinya. Apalagi, tahun ini terlihat Suzuki bertambah kuat. Yamaha juga mulai pulih, apalagi Honda dan Ducati, “Semua tergantung perjalanan. Paling utama lagi mutu pembalapnya,” kata Pierer yang kayaknya berseberangan dengan  Manajer Tim KTM, Mike Leitner yang lebih cenderung realistis.

Wah… berarti kualitas Pol dan Zarco diragukan dong. Langsung dapat jawaban dari Zarco, “Sulit dengan motor saat ini. Motor masih menghabiskan banyak energi. Harus banyak bantuan gerakan tubuh. Teknik-teknik yang harusnya mudah dilakukan menjadi sulit, ini membuat saya kelelahan,” kata Zarco.

Zarco melihat kelemahan pada KTM bukan hanya satu area, tapi semuanya. Maksudnya, motor seutuhnya harus dikembangkan pada semua aspek, agar target KTM bisa tercapai. Lha mancam mana tahun depan juara dunia, bro? MM

BACA JUGA

Jelang MotoGP Amerika 2019: Austin Fisik Pembalap & Motor Marquez, Rossi 40 Tahun?

Race WSSP300 Aragon 2019: Ke Mana Galang Hendra…?

Jelang MotoGP Amerika 2019: Austin Fisik Pembalap & Motor Marquez, Rossi 40 Tahun?

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353