nhk

Jelang MotoGP Aragon 2017: Demi Dovi Rebut Juara Dunia, Ducati Libatkan Stoner

Stoner, tes Valencia, motogp

ManiakMotor – Terbukanya peluang Andrea Dovizioso merebut gelar juara dunia motogp 2017 membuat Ducati kerja keras. Segala sesuatu yang ada pada Ducati Desmosedici GP17 coba ditingkatkan untuk kepentingan pembalap Italia itu. Makanya, skuad Bordo Panigale menggunakan jasa Casey Stoner dalam tes di Valencia, Spanyol kemarin (18/9) dan besok.

Dari Australia, Stoner yang mantan juara dunia 2007 ini terbang ke Spanyol dan kerja keras di trek Ricardo Tormo. Ia sudah melakukan kerjanya dan besok akan bersama dengan tester Ducati, Michele Pirro menjalankan tugas untuk mengembangkan sepedamotor buat Dovi dan Lorenzo.

Besok itu, Stoner akan menjajal GP17 dengan ‘fairing bersayap baru’. Kemudian dirinya juga memberi masukan dari GP17 untuk Dovi saat berlaga di sisa empat seri berikut. Dan ini merupakan tes terakhir untuk Stoner dalam kontrak 2017 dilanjutkan tahun depan di Malaysia menguji GP18.

Gigi Dall’lgna, bos Ducati memakai Stoner karena butuh masukannya sebagai peluru terakhir buat Dovi dalam memperjuangkan gelar. Data Stoner belum pernah diberikan, makanya hasil tes kemarin akan coba diterapkan pada Pirro. Kebetulan tester ini akan tampil sebagai pembalap besok.

Tampaknya Ducati akan menggunakan jum;lah ban maksimum. Cara seperti ini, menurut Livio Suppo dari tim Honda, situasi yang perlu mendapat perhatian. “Karena, untuk tim pabrikan Jepang, sejauh ini dari Eropa, jelas tidak mungkin dan tidak ekonomis untuk tes semacam itu,” tandas Livio. Rezki

BAGIKAN