nhk

Jelang MotoGP Aragon 2018: Analisa Biang Kerok M1 Rossi Nggak Berkembang, Beda Honda Dan Ducati

ManiaMotor – Honda dan Ducati. Dua merek ini punya masukan teknik beragam dari luar tim induk untuk pengembangan. Nggak melulu dari pabrikan. Lihat saja, tim satelit LCR Honda dengan pembalapnya Cal Crutchlow. LCR diberi RC213V justru lebih maju untuk kelinci percobaan temuan teknik dan komponen. Atau Pramac Ducati lewat Danilo Petrucci yang mirip dengan LCR.

Bandingkan dengan Yamaha yang hanya pabrikan menggunakan M1 terbaru sesuai tahun berjalan. Memang ada tim satelit lewat Tech 3. Tapi mereka hanya mendapatkan motor lebih tua. Belum terdengar progam seperti dua merek saingannya pada satelit Yamaha. “Padahal Ducati dan Honda itu meniru Yamaha,” sebut Valentino Rossi yang tidak menjelaskan detil apa yang ditiru dari Yamaha.

Ditambah pula, konsentrasi Tech 3 yang sudah di lain hati. Walau pun namanya MotoGP diisi para profesional sejati, tapi hati manusia tetaplah dari daging. Boleh jadi, Tech 3 sudah nggak punya nafsu untuk memberi masukan atau pengembangan pada Yamaha.

Tech 3 yang berfungsi seperti LCR Honda dan Pramac Ducati, telah punya rencana yang berbeda untuk tahun depan bersama KTM. Tantangan di KTM butuh otak lebih keras, ketimbang masih bersama Yamaha. Entalah masih memberiakan masukan pada Yamaha atau tidak, belum tahu!

Semoga saja, dengan berdirinya tim pengujian Yamaha berbasis di Eropa, solusi dari analisa ini. Juga ditariknya Jonas Folger jadi joki tester akan memperkaya masukan pada para insiyur Yamaha di Jepang. Folger akan berfungsi seperti Michele Pirro di Ducati, selain tester juga berulang-ulang ikut membalap.

Masalah dana, bisa saja! Diukur dari Lin Jarvis berkomentar ketika ada isu Dani Pedrosa ke Yamaha Petronas. Kabarnya, Pedrosa meminta motor yang sama dengan pabrikan. Saat itu jawaban Jarvis harus menghitung ulang, “Sebab tuntutan Dani menyangkut uang yang banyak,” kata Jarvis.

Ok deh, jangan sampai solusinya Yamaha dapat konsesi seperti yang dijalani Suzuki sekarang dan sebelumnya Ducati. Miolo