nhk

Jelang MotoGP Aragon 2018: Lorenzo Sulit Disalib Dovizioso, Karena Gaya

ManiakMotor – Ada tiga kali duel antara Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo tahun ini. Dan baru di GP Misano lalu, Dovizioso bisa melewati Lorenzo. Selebihnya Dovizioso kesulitan over take Lorenzo yang sama-sama menunggang Ducati. Ducati GP18 yang telah kompetitif, sih!

Menurut Dovizioso, itu lantaran perbedaan gaya saat masuk tikungan. Katanya Lorenzo menggunakan teknik lebih halus darinya, “Gaya kami sangat berbeda. Dia (Lorenzo) mengerem terlebih dahulu dengan lembut, tetapi di bagian terakhir fase pengereman, remnya jauh lebih kuat,” papar Dovizi yang juara di Misano. Itu juara buat Ducati di negara sendiri sejak 2007 lewat Casey Stoner.

Dengan cara pengereman begitu, sulit buat Dovi untuk mensejajarkan motor di mulut tikungan. Padahal, dia mengerem sebaliknya dengan Lorenzo. Maksudnya, pengereman Dovizioso serentak tanpa diurut. Dovi mengerem dengan kekuatan yang sama sampai pada titik belok.

Dengan begitu, saat sampai pada tikungan, ia dan Lorenzo tetap satu jalur racing line. “Jorge tetap di pintu masuk tikungan. Racing line Lorenzo di saat sama itu, jauh juga di dalam. Nggak ada celah untuk melewatinya,” tambah Dovizioso.

Bebeda dengan di Misano yang menurut Dovi, Lorenzo sulit melakukan teknik pengeremannya, karena masalah ban depan. Kalau Lorenzo memaksa menutup terus, dia makin kehabisan kompon. Oke deh, ditunggu lagi pertempuran keduanya di GP Aragon. MM

BAGIKAN