nhk

Jelang MotoGP Aragon 2018: Lorenzo Tahu Betul, Honda Marquez Mulai Lemah?

ManiakMotor – Menurut Jorge Lorenzo ketika jatuh di Misano lalu, itu hanya masalah sepele dari senyawa ban. Soal kecepatan, dia di atas Honda RC213V milik Marc Marquez. Dan Lorenzo akan melanjutakan duelnya dengan Marquez pada ronde berikut di Aragon, Spanyol minggu ini.

Lorenzo menceritakan, karena di Misano dia kesulitan menggunakan ban lunak. Dia sudah coba, tapi di atas 5 lap, bannya hancur dan terpaksa menggunakan medium, “Medium ini ternyata sangat berpengaruh dari sisa kompon Moto2 dan Moto3 yang pakai ban Dunlop. Keuggulan saya mengerem deras berkurang. Makanya Marc bisa dekat,” papar Lorenzo.

Lorenzo yakin betul, RC213V Marquez di Misano nggak akan bisa lebih cepat dari pertarungan mereka berdua. Lorenzo tahu betul, ketika itu Marquez sudah melakukan main paksa agar nggak tertinggal, “Terutama Marc melakukan pengereman keras, untuk mengimbangi. Saya lebih cepat darinya terutama di tikungan-tikungan cepat,” papar Lorenzo yang mengakui saat jatuh di Misano adalah kesalahannya sendiri.

Di Aragon minggu ini, Lorenzo masih percaya pada kecepatan motornya. Baginya Ducati sudah jadi motor yang siap di semua sirkuit. Tinggal tergatung pemilihan ban dan set-up sesuai lintasan. Lorenzo agak curiga pada ban yang dibawa Michelin kadang berbeda yang digunakan test dan lomba, hehe. Dia contohkan saat tes di Misano menggunakan lembut nggak masalah, tapi saat dipakai latihan bebas malah payah daya tahannya.

Singkatnya, walau Marquez dikenal penguasa Aragon dan juara dua tahun belakangan, Lorenzo masih punya kans. Alasannya, tahun lalu belum paham bangat dengan Ducati, dia podium. Apalagi sekarang yang luwes bermain dengan GP18. MM