nhk

Jelang MotoGP Argentina 2017: Bagi Rossi Sirkuit Termas de Río Hondo, Teknikalnya Lucu

46 Rossi Qatar 2017-d

ManiakMotor – Valentino Rossi menilai sirkuit Termas de Rio Hondo di Argentina punya teknikal yang lucu. Bukan berarti sirkuitnya bisa melawak. Tetapi memang treknya memaksa pembalap harus goyang pinggang, geser pantat, gerakan badan dan mata lirik sana dan sini. Macam tarian Tango khas Argentina, bukan Poco-Poco. Itu kalee yang bikin pembalap terpingkal-pingkal.

Sirkuit Rio Hondo

Rossi bilang begitu saat pertama sirkuit di provinsi Santiago del Estero di Argentina sana itu, digunakan 2014. “Di dalam karakter de Rio Hondo, motor harus berlari kencang. Putaran mesin menengah ke atas. Ini sirkuit cepat yang teknikal, lucu kan,” sebut Rossi ketika itu dan Rossi pernah juara 2015 dan kedua tahun lalu.

Diperiksa, lay-out sirkuit ini bikin tertawa, hus. Total panjangnya 4.8 km dengan 14 tikungan, 5 kiri dan 9 kanan. Diterjemahkan dalam lomba mengitari 25 lap. Coba perhatikan tikungannya, dari R1 ke R2 melengkung dan motor nggak dikasih tegak di situ sudah harus menekuk tikungan berikutnya.

Atau dari tikungan ke-7 sampai ke-12, semuanya memaksa motor rebah. Tapi di tengah rebah kiri dan kanan itu, ada chicane (tikungan berbalasan) di tikungan 9-10. Kan biasanya chicane dipakai untuk menghambat laju yang diawali motor tegak lurus. Ini malah sembari menikung, disuruh menikung bolak-balik pula. Lucu juga tuh, itu menurut The Doctor loh. Memang Rossi nggak bicara detil apa yang bikin sirkuit itu jadi si Sule, eh pelawak.

Ada juga tikungan 12 sampai terakhir. Disebut tusuk konde (hair pin), juga tanggung. Malah seperti bentuk celurit. Belum lagi trek lurusnya yang 1076 meter yang lebih panjang 9 meter dari Losail di Qatar, tapi top speednya lebih rendah dari Losail. Tahun lalu top speed di Termas de Rio Hondo paling top 327 km/jam, di Qatar bisa 347 km/jam.

Itu karena lucunya. Ancang-ancang ke trek lurus, kecepatan lebih rendah dari pada di Qatar. Karena lurusnya nggak benar-benar lempem. Memulai trek lurusnya harus disuruh menari tango dulu, imbangi motor dengan sikit lengkungan ke kanan. Motor nggak bisa dibuka habis di area itu, kandati sudah disebut trek lurus. Lucu kan… Miolo

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353