nhk

Jelang MotoGP Argentina 2017: Dari Qatar Ducati Mampir Ke Jerez, Ada Apa?

Ducati, jerez, tes
Lorenzo (kanan) mendengar serius soal GP17 dari tester Pirro

ManiakMotor – Usai balapan pembuka musim 2017 dengan hasil Dovizioso kedua dan Lorenzo ke-11 di Losail, Qatar (26/3), Ducati langsung menuju sirkuit Jerez, Spanyol. Lo, bukannya seri 2 di Argentina, 8-9 April mendatang. Tim merah ke negeri Matador untuk melakukan tes privat, yang sudah dimulai kemarin (28/3) sampai Kamis (30/3).

Sesuai program, Ducati mendahulukan tester Michele Pirro di hari pertama tes (28/3) dengan Desmosedici GP17. Pembalap Italia ini kemudian gabung sama Lorenzo dan Dovi, hari ini. Esok, Pirro kembali sendiri di trek Jerez yang dipilih Ducati dari jatah 5 hari untuk tahun ini karena lintasan ini sulit buat karakteristik motor asal Bologna.

Meski cuma sehari, buat Lorenzo tes ini sangat penting. Terutama untuk meningkatkan kepercayaan sama GP17. Sementara para engineering di Ducati masih terus bekerja pada evolusi fairing baru yang belum dihomologasi. Makanya, di Jerez ini pit Pirro dan Lorenzo menempel agar kedua pembalap bisa saling komunikasi.

Lorenzo mengaku balapan di Qatar, kemarin sangat rumit dari semua aspek. Meski dari posisi ke-11, katanya, ia start dengan baik. Sayang, di tikungan terlalu melebar dan banyak kehilangan posisi.

“Pada akhir lomba, saya mulai kehilangan kepercayaan pada ban, sehingga harus memperlambat motor. Akibatnya, saya tidak mampu masuk 10 besar,” ujarnya. Soal ban ini, Lorenzo pun sudah sering mengeluh ketika sama Yamaha. Mau tidak mau, ia harus mengubah gaya balapnya yang doyan melambung. Rezki

BAGIKAN