nhk

Jelang MotoGP Argentina 2017: Gebrakan Zarco Yang Gatot, Tapi Dipuji

05 Zarco Qatar 2017

ManiakMotor – Gebrakan Johann Zarco si rookie MotoGP 2017 dan mantan juara dunia Moto2 dua kali, itu sudah betul. Walau akhirnya gatot alias gagal total di sirkuit Losail, Qatar pada Minggu 26 Maret 2017. Gagal juga menyamai para rookie terdahulu yang langsung juara pada penampilan perdana mereka di kelas para raja balap.

Data Zarco yang hanya enam lap

Skill walau belum teruji sampai finish, perlu dipuji. Kenyataannya memang dia banyak dipuji seniornya. Karena Zarco mampu lepas dari para pemain kelas berat MotoGP saat ini. Kabur dewek itu bukan perkerjaan mudah dan memimpin sampai 6 lap di saat kompon ban masih dingin.

“Sayang terlena. Maunya pada lap ke-6 untuk bernafas dulu (santai) tapi ternyata terlalu santai menuju lap 7. Saya belum kenal betul segi bermain motor MotoGP. Harus belajar banyak di ketegori ini,” rendah orang Prancis yang jatuhnya hanya masalah sepele, agak keluar M1 Yamaha Tech 3 dari racing line masuk ke kiri di T2. Di terjebak di jalur berpasir khas Losail.

Zarco ini bukan asal kencang lho. Dia pantas dia langsung terpisah dari rombongan. Dalam enam lap itu, dia tiga kali mencetak 1:56 koma kecil (lihat data). Bisa dibayangkan, Andrea Dovizioso yang kelihatan kencang kemarin best-lap-nya hanya 1’56.245. Lalu Maverick Vinales yang pakai M1 kelas pabrikan best lapnya 1:56.157. Itu masih kalah dengan best lap Zarco yang 1:55.990 dan inilah best lap saat balapan di ronde pertama GP Qatar.

Indikator lain bukan kebetulan memimpin, dia berada di grid ke-4. Grid tersebut memang bukan didapat dari kualifikasi, tapi terbaik kombinasi dari tiga FP (free practice) lantaran kualifikasi tidak terlaksana. Artinya dia di Qatar memang punya ‘isi’. “Tapi nggak apalah, saat saya tahu akan kemampuan diri sendiri dan motor bermain sampai limit,” tambah Zarco yang sudah tak sabar bermain lagi di Argentina.

Zarco pun seperti yang dibeberkan crash cuma nyaris menyamai enam pembalap yang sakses di penampilan perdana yang sekarang MotoGP. Misalnya Harold Daniell (Isle of Man TT 1949), Geoff Duke (Isle of Man TT 1950), Jorge Kissling (Buenos Aires 1961), Jarno Saarinen (Paul Ricard 1973), Edmund Czihak (Nurburgring 1974) dan Max Biaggi (Suzuka 1998). Miolo

BAGIKAN