nhk

Jelang MotoGP Argentina 2017: Iannone Jatuh, Karena Marquez Pelan Di Tikungan

Andrea Iannone Qatar

ManiakMotor – Andrea Iannone sih tetap menyalahkan dirinya. Bahwa dia tak menyangka Marc Marquez akan lebih lambat di tikungan. Terutama di turn atau tikungan 5 di sirkuit Losail, Qatar. Di tikungan itulah Iannone salah perhitungan antara kecepatan dirinya dan Marquez.

Mamang bukannya salah Marc Marquez. Tapi seharusnya yang di belakang selalu punya kontrol yang di depan. Lagian Marquez kepayahan menikung akibat salah ban. “Salah saya, karena tidak memperhitungkan kesulitan Marquez di tikungan,” sebut Iannone dalam bahasa halus tingkat tinggi lewat rilis Suzuki.

Iannone tak sebut Marquez pelan lho seperti di media-media on line. Walau dalam kalimat itu ada indikasinya. Maksudnya kok tumben-tumbennya Marquez tak sekencang biasanya. Seperti kata Iannone punya kesulitan. Dan intinya baru belakangan ketahuan Marquez nggak bisa melaju cepat di belokan karena ban yang seharusnya hard diganti medium.

Makanya Iannone kurang siap untuk antisipasi. Dia gas terus dan faktanya motornya sudah sangat dekat dengan ban belakang Marquez di tikungan 5 tersebut. Untuk menghindari tabrakan, Iannone melakukan pengereman. Padahal pakem balapan dilarang mengerem sembari rebah. Keras pula pengeremannya yang membuat roda depan Suzuki GSX-RR Iannone terkunci dan meluncur ke gravel.

Terakhir Iannone sembari menghibur diri, bahwa pace-nya saat lomba di Qatar adalah kecepatan lomba. Saat itu dia sudah menghitung akan mudah masuk di podium ketiga dengan kinerja motornya. “Semoga di seri berikutnya (Argentina) untuk dapat hasil lebih baik. Suzuki juga bagus tahun lalu di Argentina saat digunakan Vinales. Itu juga modal,” pungkas Iannone. Miolo

BAGIKAN