nhk

Jelang MotoGP Argentina 2018: Alasan Dovizioso Masih Takut Sama Marquez

ManiakMotor – Sukses di GP Qatar tak membuat Andrea Dovizioso jumawa. Mengalahkan Marquez di seri pembuka tak berarti jaminan untuk mengalahkan joki Honda itu di kejuaraan dunia. Ia malah khawatir Marquez akan dominan di beberapa sirkuit berikutnya.

Alasannya sangat masuk akal. Losail adalah sirkuit yang karakternya lebih cocok dengan Ducati dibandingkan Honda. Itu salah satu trek kesukaan Dovi, sementara buat MM sebaliknya jadi salah satu yang paling tak ia suka. Dalam 4 musim terakhir Dovi finish ke-2, 2, 2, dan 1 sedangkan Marquez ke-5, 3, 4 dan 2. “Ia berkembang pesat saat ini, terutama speed-nya. Sungguh tak saya duga,” ujar Dovi.

Sepanjang tahun lalu kekalahan utama GP17 dengan RC213V berada di dalam tikungan. Ia selalu tertinggal kisaran semeter dari MM saat keluar tikungan. Untungnya, itu bisa ditutup karena Ducati lebih kencang di trek lurus.

Kini situasinya berubah. GP18 sudah membaik di dalam tikungan. Namun, ternyata daya gempur Honda juga meningkat di trek lurus yang ditambah Marquez bisa menunda pengereman. Tahun lalu top speed Dovi unggul 6 km/jam atas Marquez dan tahun ini dipangkas jadi tinggal 3 km/jam.

Buat Dovi, itu sinyal bahaya. Tak lagi bisa andalkan trek lurus sebagai senjata utama. MM pun bilang performa di trek lurus itu membuatnya sangat senang karena di area itulah selama ini ia kewalahan. “Normalnya Honda selalu sulit di Losail. Jadi, bawa pulang 20 poin sudah bagus. Hanya selisih 5 angka dan itu bukan masalah besar,” tegas MM yang finish di belakang Dovi hanya dengan gap 0,027 detik.

Data dan fakta di atas diakui Davide Tardozzi membuat Dovi masih merasa ketar-ketir melawan MM. Di trek yang tak ia suka saja MM bisa tarung berebut juara, apalagi di sirkuit-sirkuit favoritnya macam Austin di mana doi belum tak terkalahkan. “Tapi, Dovi sangat sadar bahwa Marc adalah pembalap yang diburu untuk dikalahkan,” tegas Tardozzi, Manajer Tim Ducati. (rnp)

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/customer/www/maniakmotor.com/public_html/wp-content/themes/Newspaper/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353