nhk

Jelang MotoGP Argentina 2018: Davies Dan Rea Ingin Ke MotoGP, Tapi Sulit!

ManiakMotor – Pembalap Ducati dan Kawasaki di World Superbike, Chaz Davies dan Jonathan Rea ingin ke MotoGP. Tapi mereka kudu bersabar, lantaran untuk masa kini tidak semudah yang lalu-lalu. MotoGP punya jenang sendiri seperti Moto2 dan Moto3.

Terakhir pembalap dari WSBK bisa ke MotoGP adalah Cal Crutchlow pada 2011. Selebihnya, MotoGP sekarang diisi pembalap jebolan Moto2, “Sangat mengerti ambisi Chaz vies dan Jonathan, keduanya ingin ke MotoGP. Untuk saat ini, nggak semudah itu,” kata direktur olahraga Ducati Paolo Ciabatti dalam wawancaranya dengan SPEEDWEEK.com.

Kendati kedua yang disebut itu tampil apik di Superbike. Apalagi Rea, juara SBK dan  pernah menggantikan pembalap Honda di salah satu seri MotoGP. Sedang, “Chaz belum punya titel WSBK, tetapi dia telah memenangkan banyak seri. Sayangnya, tim dan produsen MotoGP kurang memantau lebih dekat jago-jago SBK,” tambah Ciabatti.

Alasan Ciabatti sederhana saja. Fokus para pemantau bakat untuk MotoGP terutama pabrikan ada pada Moto2 dan Moto3. Sebab, dua supporting race MotoGP ini, diselenggarakan bersama. Bakat boleh dipantau langsung. “Karena kami bekerja untuk MotoGP, bisa pantau dari paddock setiap kali Moto2 dan Moto3 tampil. Bahkan bisa bicara langsung dengan mereka secara pribadi,” imbuh Ciabatti.

Khusus Davies sempat muncul saat peluncuran Ducati MotoGP di Qatar. Saat itu dia diisukan akan menggeber Ducati MotoGP. Namun isu ini sudah diluruskan Davies, bahwa dia kebetulan mampir, karena saat bersamaan dia menuju Philip Island untuk ikut ronde pertama.

Belum lagi sasaran Davies dan Rea adalah pabrikan, walah makin sulit. Kecuali satelit? MM

BAGIKAN