nhk

Jelang MotoGP Argentina 2018: Ducati Ancam Protes Balik Winglet-nya Honda, Bahaya..!

Winglet Honda akan diprotes, bahaya

ManiakMotor – Soal spoiler atau perangkat aerodinamis pada lengan ayun Ducati,  melebar ke mana-mana. Alat yang tadinya diklaim mendinginkan ban itu, dicurigai oleh yang memprotes malah untuk downforce dan akhirnya menambah cengkeraman ban belakang. Termasuk Honda yang ikut dalam rombongan protes tersebut.  Kecuali Yamaha tidak ikut-ikutan.

Kini Ducati mengancam balik Honda, bahwa winglet mereka kalau diperiksa seksama juga menyalahi aturan, “Malah jauh berbahaya. Sayap (winglet) mereka sangat tipis yang tajam. Bahkan sampai ke akar konstruksi sayapnya berbahaya. Itu akan mencelakakan bila sayap tersebut memukul pembalapnya sendiri dan pembalan lain,” papar Gigi Dall’Igna, manajer Ducati Corse.

Di Speedweek, Gigi merasa heran dengan perilaku Honda. Mereka sangat agresif memprotes. Di depan mereka setuju saat berdiskusi teknis dengan asosiasi MSMA. Bahkan dengan direktur teknis. “Fakta mereka termasuk memprotes dan meragukan keputusan Direktur Teknis MotoGP yang sudah disepakati bersama,” tambah Gigi berapi-api.

Ducati merasa tidak pernah mempertimbangkan untuk melancarkan protes hal tersebut. “Tetapi bila jika seseorang – terutama Honda – mempertanyakan pendekatan Direktur Teknis Danny Aldridge, itu membuat kami (Ducati) berada dalam posisi   kemungkinan melakukan protes pada balapan berikutnya,” cocor Gigi lagi yang terlihat geram dengan perilaku Honda.

Gigi berharap di MotoGP soal beginian ini, jangan sampai dibawa-bawa keluar seperti sedang sampai ke banding. Dia khawatir, kalau ini terjadi, bisa setiap balapan ada protes. Karena peserta tidak percaya lagi pada pelaksana di lapangan seperti Direktur Teknis. Lagian katanya, soal aerodinamika adalah perubahan yang lebih modern, mirip dari balapan 2T ke 4T.

Maksudnya biarkan saja berjalan dan akkhirnya akan ada peraturan baku sesuai tradisi MotoGP. MM

BAGIKAN