nhk

Jelang MotoGP Argentina 2018: SDM Elektronik Yamaha Kurang, Dibanding Ducati Dan Honda

ManiakMotor – Grip YZR-M1 bisa ditingkatkan, namun konsekuensinya boros akan kompon. Hilang misterius pada balapan di Qatar yang saat lomba di sana pegangannya mantap, tapi komponnya juga irit.

Jawabannya atas jam terbang Valentino Rossi mengubah style tubuhnya di atas motor. Dia mengurangi beban pada kerja sisi kiri-kanan ban depan dan belakang ketika menikung. Soal ini telah dijelaskan di sini.

Sebaliknya, Rossi nggak perlu susah payah begitu, andai para petugas elektronik Yamaha bisa pecahkan perangkat lunak Magneti Marelli. Maksudnya cakap melakukan pemetaan pada elektronik sesuai kebutahan tenaga mesin yang diumpan ke roda M1.

Mereka, ya sdm atau insiyur elektronik, katanya, kalah canggih dengan bagian elektronik Ducati dan Honda. Apalagi dengan Honda, ada yang namanya Filippo Tosi sangat kaliber pada urusan elektronik.

Itu yang bicara bukan orang lain, tapi petinggi Yamaha Movistar sendiri yang bernama Massimo Meregalli. Kata dia orang, sulit menemukan fitur yang tepat pada elektronik seperti Honda dan Ducati. “Butuh waktu banyak  untuk mendalami perangkat tersebut. Sehingga muncul gagasan dari Valentino yang berpengalaman untuk mengatasi dari cara bawanya. Intinya, Valentino tidak banyak menyiksa ban agar tidak cepat panas yang membuat ban gampang degradasi,” sebut Meregalli.

Sembari menunggu solusi dari para insinyur teknik elektronik M1, cara bawa Rossi itu dipercaya sebagai obatnya. Termasuk di Argentina minggu ini. “Menurut pendapat saya,  Ducati dan Honda menyediakan waktu yang panjang, biaya tinggi dan sdm banyak untuk elektronik. Sementara, kami memilih langkah berbeda pada M1 2017, di situlah deritanya,” tambah Meregalli entah menina bobokan lawan atau memang begitu faktanya.

Rossi sendiri yakin, para insinyur Yamaha akan sanggup menarik kesimpulan, supaya elektronik Magneti Marelli akan mampu disetel bersama Michelin. Sebab menyalahkan ban tak mungkin, tuh Ducati dan Honda adem saja pada Michelin, kok. MM

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

Jelang MotoGP Argentina 2018: Pedrosa ‘Dilengserkan’, Penggantinya?

Jelang MotoGP Argentina 2018: Jok Panas Ducati Lorenzo, Ke Suzuki? Pelatih Dipecat..!

BAGIKAN