nhk

Jelang MotoGP Argentina 2019: Aprilia Yakin Ducati Salahi Aturan, Alatnya Buat Downforce

ManiakMotor – Begini alasan Aprilia memprotes Ducati sampai naik banding ke FIM. Merek ini sangat yakin, Ducati menyalahi aturan. Bagi Aprilia, di lengan ayun nggak boleh ada alat apa pun untuk spoiler seperti pemberitahuan teknis sebelumnya. Mereka juga bersikukuh alat pada lengan ayun Ducati berfungsi untuk downforce.
Jadi, Aprilia bukan ikut-ikutaan bersatu dengan Honda, Suzuki dan KTM saat memprotes, namun ditolak juri FIM pengawas saat di Losail, “Perangkat yang dipasang di daerah (lengan ayun) itu seharusnya tidak memiliki tujuan aerodinamis. Kalau sifatnya untuk deflektor (penangkis kotoran) juga hanya difungsikan ketika hujan dan akan dilepas saat kering,” kata direktur teknis Aprilia, Romano Albesiano.

Setelah tes pra-musim terakhir di Qatar pedoman baru dikeluarkan untuk tim, namun  Albesiano bilang masih mengecualikan bagian downforce pada lengan ayun. Katanya, jelas disebutkan perangkat yang dipasang pada area lengan ayun dilarang ada efek  downforce. Downforce adalah salah satu efek aerodinamis untuk grip. “Maka kami  terkejut, sayap yang dipasang pada lengan ayun Ducati diizinkan,” kaget Albesiano.

Albesiano mengaku telah melakukan pengujian virtual pada terowongan angin yang disebut CFD dengan dinamika fluida. Disimulasikan di situ, perangkat seperti dipakai Ducati di trek lurus dan pengereman berfungsi menekan atau downforce ke lintasan.

“Downforce, hambatan, dan efek pendinginan dapat diberikan perangkat ini sekaligus. Ada angkanya. Maka tidak dapat diabaikan, itu adalah sesuatu yang dapat membuat perbedaan dalam kinerja. Ketika balapan dipisahkan oleh seperseratus detik, beberapa kilogram downforce dapat membantu,” tambah Albesiano.

Aprilia berharap bahwa perangkat ini akan dilarang untuk masa depan. Jika tidak, mereka akan menbuat yang serupa berdasarkan pengalaman mereka.Walau begitu tujuan protes Aprilia hanya fokus pada aturan, boleh apa tidak? Nggak ada maksud untuk mengubah hasil dari balapan di Qatar. Miolo

BACA JUGA

Jelang MotoGP Argentina 2019: Ducati Vs KTM, Leitner Sebut Gigi Dall’Igna Sok Pintar

Jelang MotoGP Argentina 2019: Quartararo Melunaskan Mimpinya, Balapan Dengan Rossi

Jelang MotoGP Argentina 2019: Unggulan Masih Marquez Ditempel Rossi Di Termas de Rio Hondo

Jelang MotoGP Argentina 2019: Sirkuit Termas de Rio Hondo Siksaan Buat Ducati, Untung Merek Jepang?

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353