nhk

Jelang MotoGP Argentina 2019: Ducati Bisa Buktikan Alat Yang Diprotes, Asli Airscoop Dinginkan Ban

ManiakMotor – Alat semacam corong di lengan ayun Ducati GP19 Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci dan Jack Miller, ya memang corong. Atau alat ini airscoop untuk menangkap angin yang ditransfer langsung ke permukaan ban belakang GP19. Hasilnya ban akan lebih dingin nggak mudah kepanasan.

Itu yang bicara Gigi Dall’Igna, manajer Ducati MotoGP. Katanya yang dianggap  semacam spoiler, aslinya untuk penyaluran angin, “Sebaga efek pendingin gampang dibuktikan. Sama dengan pedoman diberikan oleh Direktur Teknis boleh pakai spoiler swingarm (lengan ayun) berfungsi sebagai deflektor untuk menghalau kototan dan penyaluran udara mendinginkan roda belakang. Nggak ada tujuannya untuk efek aerodinamis,” papar Gigi sekaligus menjawab ahli aerodinamika F1 bahwa alat itu berfungsi untuk downforce.

Seperti diketahui Honda, Suzuki, KTM dan Aprilia memprotes airscoop pada lengan ayun GP19 ketika tampil rode 1 MotoGP di Qatar. Mereka berpandangan, itu bukan airscoop, tapi spoler atau sayap yang punya hasil menekan (downforce) roda belakang ke lintasan. Hasilnya, grip makin bagus dan konsumsi kompon lebih hemat.

Tapi Gigi masih ngotot, “Tujuannya adalah mendinginkan ban sebanyak mungkin. Itulah fungsi utama sistem  yang telah kami kembangkan ini. Jelas alat ini bikin kinerja ban  lebih baik. Dalam semua balapan MotoGP, manajemen ban belakang bisa menentukan  menang dan kalah, yang juga terjadi di Qatar. Alat itu nggak ada sama sekali fungsinya untuk downforce,” tambah Gigi yang orang Italia tersebut.

Sebanarnya protes di Qatar ditolak para juri MotoGP dan akhirnya naik banding ke badan lebih tinggi di FIM. FIM akan mengumumkan hasil banding sebelum ronde 2 MotoGP di Argentina pada 31 Maret nanti. Jika bersalah, ya juara Dovizioso di Qatar dianulir atau??? Miolo

BACA JUGA

World Superbike Thailand 2019: Race 2 Kembali Bautista Nggak Ada Lawan..!

Jelang MotoGP Argentina 2018: Ducati Ancam Protes Balik Winglet-nya Honda, Bahaya..!

Tes Moto-E Jerez 2019: Paddock Kebakaran Hebat, Peralatan Moto-E Dan 20 Motor Hangus

Jelang MotoGP Argentina 2019: Lorenzo Cidera (Lagi) Pada Tulang Rusuk Kanan

 

BAGIKAN