nhk

Jelang MotoGP Argentina 2019: Ducati Vs KTM, Leitner Sebut Gigi Dall’Igna Sok Pintar

Mike Leitner

ManiakMotor – Protes spoiler pada lengan ayun Ducati melebar ke mana-mana. Ducati melawan empat merek yang ikut memprotes. Keempat merek ini punya argumen masing-masing yang fokusnya alat digunakan Ducati ilegal. Itu aslinya untuk downforce, bukan untuk pendingin ban. Yang punya argumen sebagai pendingin kompon, sok pintar,

Yang bicara sok pintar ini direktur teknis KTM, Mike Leitner. Itu ditujukan pada Gigi Dall’Igna yang GM Ducati Corse. Kata Leitner, Gigi bagi khalayak umum dikenal jenius. Tapi bagi dia, Gigi hanya orang Italia yang licik. Gigi mengakali olahraga MotoGP ke level ekstrem yang tidak semua orang menyukainya.

“Kamu bisa bayangkan direktur tekniks MotoGP saja dia (Gigi) akali. Desember 2018 spoiler pada swingarm sudah dinyatakan tidak akan disahkan. Tetapi delapan hari sebelum GP Qatar, tiba-tiba berubah bukan lagi memiliki fungsi aerodinamis. Barang itu katanya mendinginkan ban. Jangankan yang ngerti, anak SD saja, tahu itu barang menghasilkan tekanan ke bawah (downforce). Itu karena, Gigi Dall’Igna merasa dia lebih pintar daripada kita. Sok pintar, gitu,” geram Leitner yang mantan petinggi tekniks di Repsol Honda tersebut.

Direktur teknis dari merek Austria itu kemudian melanjutkan ceritanya, bila spoiler semacam dipakai Ducati dilegalkan, biayanya akan semakin mahal, “Bisa dihitung sendiri untuk uji sekali di terowongan angin butuh 20 ribu Euro. Padahal alat yang dicoba belum tentu sekali bikin, langsung jadi. Itu buruk buat MotoGP,” tambah Leitner yang tetap menuding Gigi  biang kusutnya aturan.

Pungkasya Leitner bilang, Ducati dengan adanya Gigi selalu menganggu aturan yang sebenarnya sudah stabil. Tidak berpedoman pada buku aturan seperti membangun  prototipe 2019 yang sebenarnya jelas regulasi aerodinamikanya. Di sini Ducati terus berusaha menipu dan meyakinkan direktur teknis FIM untuk mengadopsi versi baru dari aturan. Miolo

BACA JUGA

Jelang MotoGP Argentina 2019: Quartararo Melunaskan Mimpinya, Balapan Dengan Rossi

Jelang MotoGP Argentina 2019: Aprilia Yakin Ducati Salahi Aturan, Alatnya Buat Downforce

Jelang MotoGP Argentina 2019: Unggulan Masih Marquez Ditempel Rossi Di Termas de Rio Hondo

Jelang MotoGP Argentina 2019: Rossi Berlatih Dulu Bersama Bagnaia & Morbidelli Di Misano

BAGIKAN