nhk

Jelang MotoGP Argentina 2019: Juaranya Dovizioso Di Losail Dipertaruhkan Oleh Pengandilan Banding

ManiakMotor Jumat ini (22/3) para anggota Pengadilan Banding FIM untuk MotoGP akan berkumpul. Mereka membahas legalitas corong di lengan ayun Ducati GP19 apakah sesuai laporan Ducati atau ada kinerja lebihnya terutama berfungsi untuk aerodinamis. Tentu saja sedang mempertaruhkan  kemenangan GP19 di Qatar lewat Andrea Dovizioso dan P6 dari Danilo Petrucci.

Biasanya Pengadilan Banding FIM punya waktu empat minggu untuk mengambil keputusan. Lantaran ronde 2 MotoGP berlangsung 31 Maret, kejelasan pengadilan akan diumumkan sebelum tanggal tersebut. Apakah Dovizioso tetap dapat point penuh, dipotong atau nggak ada sama sekali dari protes Honda, Suzuki, Aprilia dan KTM.

Bila terbukti hanya mendinginkan dan jadi reflektor alias penangkis kotoran, Ducati aman. Andai ada efek lain dan lebih besar untuk menekan roda belakang ke lintasan, ya sudah, tamat point Dovizioso dan Petrucci di Losail?.

Sidang yang berlangsung Jumat ini akan dipandu Stuart Higgs (GBR) dan Steward Cesario Samarita (PHI). Keduanya adalah anggota bading dari FIM. Tentu akan didampingi para ahli di bidang yang diprotes, “Yakin, karya kami sesuai dengan peraturan teknis. Kami yakin dan yakin bahwa keluhan itu akan ditolak,” yakin Gigi Dall’Igna, GM Ducati Corse.

Namun Gigi tidak mengesampingkan lanjutan ke pengadilan olahraga CAS. Tapi lebih percaya, kasus ini akan berhenti di FIM dan Ducati nggak disalahkan. Kalau begitu, tunggu saja drama aerodinamika yang memang sedang berkembang di MotoGP ini. M11

BAGIKAN