nhk

Jelang MotoGP Argentina 2019: Sirkuit Termas de Rio Hondo Siksaan Buat Ducati, Untung Merek Jepang?

Peristiwa tahun lalu

ManiakMotor – Biasanya di sirkuit tekniks seperti Termas de Rio Hondo di Argentina, Ducati kesulitan. Termasuk punya Andrea Dovizioso. Karakter motor Eropa-nya bermasalah pada tengok-tengok segera ditambah perubahan mendadak. Apalagi baru lalu Dovi mengaku motornya lemah di tengah tikungan seperti di Losail.

Kalau sirkuitnya disebut teknikal, berarti tikungannya susah dan ritme motor berubah-ubah. Makanya, prestasi Dovizioso dengan Ducati empat kali tampil di situ, hanya sekali podium ke-3 pada 2014. Tahun lalu atau 2018, Dovi hanya ke-6 pada race yang rada kusut dan puncaknya senggolan antara Marc Marquez dengan Valentino Rossi.

Tahun lalu di sirkuit yang panjangnya 4.8 km dengan 14 tikungan tersebut, juga sulit diukur karena statusnya wet race. “Saya ingin membuktikan GSX-RR hebat juga main teknis seperti Termas de Rio Hondo. Kami sudah sangat pesat untuk tikungan,” kata Alex Rins pembalap Suzuki pada balapan yang berlangsung 31 Maret 2019 tersebut.

Selain Suzuki yang merek Jepang itu, masih ada dua merek yang juga Jepang. Yakni, Honda dan Yamaha. Kedua merek ini juga dikenal gesit enak di tikungan-tikungan. Tahun lalu atau 2018 yang akhirnya juara adalah Honda dari satelit, yakni milik LCR Honda yang ditunggangi Cal Crutchlow. Kedua adalah Johann Zarco yang saat              itu masih dengan Yamaha Tech3. Ketiga adalah Rins sendiri.

Yang jelas, lomba di Amerika Latin ini akan lebih seru buat tim. Mereka akan berlomba beradaptasi dengan segera. Memang sih semua tim punya data, tapi ingat motor banyak berubah tahun ini dengan pengembangan di sana-sini. Lagi pula, Argentina nggak dipakai buat tes.

Des, harusnya akan memperlihatkan balapan yang seimbang. Kan Ducati masih bisa mencuri di dua trek lurus Termas de Rio Hondo, bukan hanya tikungan. Dia akan melawan tiga merek Jepang yang agresif menikung. MM

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353