nhk

Jelang MotoGP Argentina 2019: Unggulan Masih Marquez Ditempel Rossi Di Termas de Rio Hondo

ManiakMotor – Sudah lima kali MotoGP diadakan di sirkuit Termas de Rio Hondo di Argentina, persentasi Marc Marquez juara lebih besar di sana. Marquez bukan hanya juara, tapi juga dominan dari sesi latihan sampai kualifikasi. Makanya dari analisa MotoGP.Com dia masih unggulan di sana.

Termasuk tahun ini alias 2019 yang balapannya berlangsung 31 Maret 2019 di Termas. Tercatat Marquez nggak juara karena 2015 jatuh senggolan dengan musuh bebuyutan Valentino Rossi. Juga 2017 saat masih ‘panas-panasnya’ Maverick Vinales ke Yamaha. Tahun lalu, Marquez kena hukuman yang lagi-lagi menyenggol dan membuat Rossi terjatuh.

Artinya kalau keadaan normal, kandidat masih tetap Marquez. Tahun lalu juga sama, hampir semua sesi dia sikat. Kecuali saat Q2 yang juga dicap tak normal katena berlangsung basah, “Bila di Losail, sebagai sirkuit yang tersulit buat Honda, berbeda dengan Termas de Rio Hondo,” papar Marquez usai lomba di Qatar.

MotoGP.Com menggaris bawahi para pembabalap Yamaha. Dari lima kali tampil di sana, Yamaha dua kali juara. Yakni dengan Rossi 2015 dan Vinales tadi. Belum lagi, Rossi dua kali dapat runner-up di situ. Maksudnya, Termas de Rio Hondo masih bagian dari sirkuit yang bersahabat dengan M1, apa pun masalahnya seperti cerita Rossi di Losail, bahwa performa M1-nya kurang lebih sama dengan M1 tahun lalu. Berarti Rossi juga bagian dari unggulan.

Dalam paparan itu, merek-merek lain di suruh waspada dengan SuzukiGSX-RR yang digeber Alex Rins. Dari kaca mata mereka, GSX-RR justru akan aktraktif di sikuit sepanjang 4.8 km dengan 14 tikungan tersebut.

Nih pertanyaan terakhir buat Ducati sepanjang MotoGP Argentina belum sama sekali juara. Prestasi terbaik Andrea Dovizioso dengan GP15 pada 2015 yang runner-up di belakang Rossi. Selebihnya terlempar dari luar podium. Apakah situasi Ducati masih sama saja?

Silakan lihat hasil pas balapan. Sudah bisa mulai dianalisa sejak 29 Maret dengan sesi-sesi latihan. M11

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353