nhk

Jelang MotoGP Assen 2017: Calon Pemenang Kelima, Antara Rossi, Pedrosa, Dan Petrucci

ManiakMotor – Balapan di Belanda sebagai putaran kedelapan akan berlangsung seru. Kering maupun basah! Tinggal sekarang, mampukah sirkuit Assen memunculkan pemenang kelima, akhir pekan ini (25/6).Setelah tujuh seri sebelumnya terukir nama Vinales, Marquez, Pedrosa, dan Dovizioso.

Oh, sangat mungkin sekali. Dari kelompok senior, ada Valentino Rossi yang sudah pasang target kejar podium. Kemudian datang ke Assen dengan perasaan yang senang dan suka sama sasis baru. Tinggal, menyesuaikan saja, terutama untuk trek licin.

Senior lainnya, Pedrosa. Sejak dipoles Sete Gibernau penampilannya berubah. Bahkan ia sudah mengoleksi satu kemenangan dan hampir untuk yang kedua di Catalunya. Assen ini bagaikan catatan matematis yang hanya bisa dipecahkan dengan cara membuka gas, katanya.

Konsistensi yang sudah terbagun di Catalunya, meyakininya bisa tampil lebih baik. Apalagi, dalam karirnya di kelas utama dirinya belum pernah berdiri di podium pertama di Assen. “Dari podium di Catalunya, kami lanjutkan di Assen. Ini balapan membutuhkan konsentrasi besar,” tegasnya.

Pembalap lainnya! Calon rookie 2017 Johann Zarco layak diperhitungkan. Konsisten lima besar, bahkan podium kedua di rumahnya (Prancis), apalagi tes Catalunya sudah menemukan setelan suspensi. Perlu diwaspadai juga Denilo Petrucci dari Parmac Ducati yang belakangan ini  performanya kian bagus.

Berdasarkan pengalaman balapan tahun lalu, Ducati tidak bisa dipandang sebelah mata. Bukan Jorge Lorenzo yang masih terus beradaptasi dan butuh jam terbang. Tapi, Dovi yang di race 1 2016 sempat leading. Apalagi, Italia ini baru memenangkan dua balapan. Sekalipun trek licin (basah), ia sudah membuktikan kemenangannya di Sepang.

Spesialis hujan, adalah Jack Miller. Tapi, jika sejak awal lomba sudah hujan, pembalap Australia ini akan mendapat tantangan dari Dovi, Rossi, dan Petrucci. Rezki

BAGIKAN