nhk

Jelang MotoGP Assen 2017: Michelin Bawa Ban Simetris, Marc Marquez Tersenyum, Apa Maksud?

Marquez, Assen, Motogp

ManiakMotor – Ketika di Mugello Michelin membawa ban depan baru asimetris dengan kompon medium (kiri) dan keras (hard) kanan. Banyak pembalap frustasi, tapi Ducati pesta kemenangan dan terus berlanjut ke Catalunya. Nah, di Assen ini, produsen Prancis itu membawa ban depan simetris dam brlakang yang sisi kanannya sangat keras. Siapa lagi yang mau dimenangkan?

Ban simetris ini bukan barang baru dan pernah dipakai tahun lalu. Piero Taramasso, Manajer Michelin memberi alasan membawa ban simetris. Katanya, aspal yang berbeda dalam sesi yang beda pula akan mempersulit pembalap. Maksudnya, dari Barcelona yang panas ‘mendidih’ menjadi basah di Assen, itu kondisinya lain. Meski sama-sama licin.

Apalagi, trek Assen berjarak 4,5 km kombinasi belokan cepat dan lamban serta pengereman yang keras. Jelas, kualitas ban depan harus mumpuni. Inilah kesempatan untuk mengujinya. Untuk belakang, asimetris dengan komposisi, sisi kanan lebih keras karena Assen dengan 18 tikungan, terbanyak ke kanan 12 tikungan.

Selain faktor cuaca, permukaan trek juga tidak konsisten. Adanya lapisan aspal baru dan lama tentu menawarkan tingkat daya cengkeram dan abrasi yang berbeda. Jadi, aspal baru itu licin dan yang lama abrasif.

Kondisi seperti ini, menurut Taramassso membuat pembalap sulit mendapatkan perasaan yang konsisten sepanjang lap. lebih rumit lagi kalau basah, tapi pihaknya ssudah menyiapkan ban le,mbut dan medium.

Nah, datangnya ban simetris ke Assen ini, yang tersenyum tentu Marc Marquez. Karena, tes di Catalunya lalu ia sangat puas dan menjadi yang tercepat denga waktu 1:44.437 detik di lap 80 dari 81 lap. Ia meninggalkan Vinales 0.366 detik. Itu kalo balapannya tidak hujan, lo! Rezki

BAGIKAN