nhk

Jelang MotoGP Assen 2017: Musuh M1 Rossi-Vinales Suhu Panas, Belanda Adem

46-rossiAmerika 2017

 

ManiakMotor – Musuhnya Yamaha di lintasan panas, makin menderita ketika ditambah lincin. Sudah dijelaskan sebelumnya persoalan pada sasis dengan indikasi saat tes di Catalunya lalu, Yamaha membawa dua tipe sasis sekaligus.  Kalau dilihat dari tes tersebut ada perbaikan dengan rangka tersebut. Persoalannya sasis tersebut cocok nggak di Assen, Belanda minggu ini?

Harus bertanya mengingat karakter aspal dan suhu di Belanda yang relatif dinging dibanding Catalunya. Dan jawabannya di Assen, Yamaha sebenarnya nggak perlu memperbaiki apa-apa dengan M1 Valentino Rossi dan Maverick Vinales pada M1 2017 yang membuat Vinales memimpin klasemen sampai sekarang dan M1 Rossi yang sempat juga memandu klasemen.

Lima tahun terakhir MotoGP di Assen, suhu lintasan hanya bermain 25-29 derajat, kecuali 2012 yang mencapai 37 derajat. “Tim dan saya sendiri sudah belajar banyak tentang kelebihan dan kekurangan motor ini. Seperti yang sama-sama diketahui begitu mendeiutanya kami pada suhu lintasan panas seperti Jerez dan Catalunya,” beber The Doctor.

Itu tadi, Yamaha kembali menjadi pusing mendatangi Assen. Kalau ditanya tentu menggunakan sasis lama dibanding sasis yang saat dites di Catalunya. Sasis lama yang sudah pasti lebih rigid itu, memang aduhai di aspal dingin, apalagi punya grip. Semua performa motor dan pembalapnya tersalurkan pada frame-nya.

Kalau pakai sasis baru yang di tes di Catalunya kemarin tentu masih tanda tanya? Masih perlu bertanaya pada sesi-sesi latihan, ketimbang yang sebelumnya nggak perlu ditanya-tanya. Tinggal terserah dua pembalapnya dan beritanya mulai ketahuan ketika usai sesi FP1 dimulai pada Jumat 23 Juni 2017. Tunggu saja dan sesebelumnya selamat Lebaran. Miolo

BAGIKAN